Harga LPG 3 Kg Mahal di Pangkalan

328
enjualan LPG 3 kilogram di salah satu agen di Jalan Pahlawan Kora Salatiga. Penjualan LPG 3 kilogram ditempat itu dilayani pada malam hari dengan harga Rp 17 ribu/tabung. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Meski Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah mengeluarkan kebijakan tentang harga eceran tertinggi (HET) LPG 3 kilogram di tingkat agen dan pangkalan namun di lapangan masih saja ada yang nekad melanggar. Tidak tanggung-tanggung yang melakukan pelanggaran justru kalangan agen. Bahkan yang terjadi di lapangan harga LPG 3 kg lebih mahal di agen bila dibandingkan pangkalan.

Seperti yang terjadi di Kota Salatiga Jawa Tengah akhir-akhir ini. Agen resmi LPG 3 kilogram menjual ke masyarakat dengan harga Rp 17 ribu/tabung. Padahal di tingkat pangkalan pada umumnya Rp 16.500 dan Rp 17 ribu/tabung.

“Per tabung Rp 17 ribu,” kata petugas kasir agen LPG 3 kilogram di Jalan Pahlawan Kota Salatitiga. Harga tersebut diberlakukan sudah cukup lama, Rabu (01/11/2017).

Senada dikemukakan warga yang membeli LPG 3 kilogram di agen tersebut. Kepada koranbernas.id, warga mengatakan dirinya hanya bisa membeli LPG 3 kilogram di tempat itu hanya pada malam hari.

“Warga yang mau beli hanya pada malam hari. Berapapun pembeliannya dilayani. Mau satu tabung, dua tabung bahkan lebih tetap dilayani,” kata warga.

Warga juga mengaku tidak tahu berapa harga resmi LPG 3 kilogram di tingkat agen karena tidak permah ada sosialisasi. Dan pihak pertamina serta dinas terkait maupun agen tidak pernah mengumumkan kepada warga.

Dalam SK Gubernur Jawa Tengah Nomor 541/15 Tahun 2015 tentang penetapan harga eceran tertinggi LPG 3 kilogram pada titik serah sub penyalur pangkalan di Provonsi Jawa Tengah.

Dalam SK itu diputuskan HET LPG 3 kilogram ditingkat agen Rp 14.250/tabung dan ditingkat pangkalan Rp 15.500/tabung. Agen dan pangkalan tidak diperkenankan menambah segala bentuk komponen biaya lain diluar ketentuan. (yve)