Hasto Temui Warga Penolak NYIA

92
Salah satu rumah warga yang menolak pembangunan NYIA di Kulonprogo (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo Selasa (17/04/2018) malam berusaha mendatangi warga yang menolak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA). Dia berusaha untuk mengetahui keinginan warga penyebab penolakan untuk keluar dari kawasan Izin Penetapan Lokasi (IPL) NYIA.

“Saya memang datang ingin menemui sepuluh warga yang masih menolak tersebut sebelum dilakukan eksekusi” ujar Hasto ketika dihubungi wartawan melalui ponselnya.

Menurut Hasto, ketika mendatangi rumah yang pertama diterima dengan baik. Dia bahkan sempat bicara dengan baik. Namun ketika mendatangi rumah kedua Bupati Hasto tidak mengatakan diterima dengan baik.

Di rumah kedua tersebut, Hasto juga diterima beberapa orang, termasuk anak anak muda. Namun Hasto mengaku tidak tahu apakah anak anak muda itu mahasiswa atau bukan.

Baca Juga :  Camat dan Danramil “Ngoyak” Tikus

“Saya tidak tahu apakah mereka mahasiswa atau bukan. Yang saya tahu mereka merekam saya dengan hp mereka,” tuturnya.

Pertemuan yg dilakukan malam itu dikatakan belum membuahkan hasil berupa solusi persoalan warga penolak bandara. Meski pertemuannya malam itu tidak memperoleh hasil seperti yang diharapkan, namun dia masih ingin datang lagi kesana.

“Saya masih ingin menemui warga disana. Waktunya ya secepatnya,” ujarnya.

Manager Pembangunan NYIA, Sujiastono berharap datangnya Bupati Kulonprogo menemui warga bisa menyadarkan warga kemudian untuk dengan sukarela keluar dari kawasan bandara.

“Saya berharap mau keluar dengan suka rela. Kalau tetap bertahan toh mereka tidak nyaman disana. Tanah itu secara hukum sudah menjadi tanah pemerintah berdasarkan undang-undang,” katanya.

Baca Juga :  KPU Sosialisasi Pilgub di Rumah Ibadah

Sujiastono menyatakan bila warga bersedia pindah pihaknya akan bantu armada untuk angkut angkut barang.

“Asal pindah sekitar sini kita bantu armada kendaraannya. Tapi kalau jauh banget ya nggaklah,” imbuhnya.(yve)