Hati-hati, Puluhan Meter Tanah di Kulonprogo Amblas

170
Warga memperlihatkan tanah longsor sepanjang 75 meter di Gerpule, Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo, Minggu (04/02/2018).(sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Tanah sepanjang 75 meter di Gerpule, Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo amblas pada Sabtu (03/02/2018). Tanah yang semula berupa retakan berbentuk tapal kuda ini amblas sedalam 25 meter. Dikhawatirkan masih akan terjadi longsor susulan karena cuaca yang tidak beraturan.

Sejumlah rumah warga terancam ambrol akibat retakan. Diantarnya rumah milik Widodo (53), Sugeng Raharjo (54) serta Ngatinem (75). Seluruh warga terdampak masih berharap bantuan dari pemerintah untuk mengupayakan batuan serta relokasi bagi rumah mereka

Selain ketiga warga, keluarga asal Gerpule, Jemadi (53) juga harus dievakuasi karena retakan tanah yang telah muncul sejak dua tahun lalu merusak rumahnya. Retakan mulai nampak bergerak sejak November 2017 lalu. Akibatnya rumah Jemadi yang berada tepat di atas retakan tanah pun akhirnya terpaksa direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga :  Tambang Emas di Waduk Sermo Digali Lagi

“Tanah amblas itu terjadi setalah hujan deras, ada suara gemuruh keras sekali. Kebetulan saat itu saya bersama seorang penjual pete berada di lokasi. Melihat kejadian itu kami berlari menuju ke tempat yang aman,” tutur Jemadi, Minggu (04/02/2018).

Menurutnya saat material tanah longsor, nampak keluar uap dan air dari dalam tanah. Bersamaan dengan amblasnya tanah, sejumlah pohon durian dan kelapa pun ikut ambruk. Jemadi mengaku brrsukur rumahnya sudah dipindahkan.

“Rumah saya sudah di pindah sejak dua bulan lalu karena takut. Saat ini ada 3 rumah warga yang terancam karena retakan tanah yang amblas,” tutur Jemadi.

Camat Kalibawang Hendri Usdiarko menjelaskan, pihaknya melakukan pendekatan kepada warga yang rumahnya terancam longsor untuk berusaha mencari tempat yang aman. Karena musim hujan masih belum usai, ancaman longsor susulan juga dikhawatirkan dapat terjadi sewaktu waktu.(yve)

Baca Juga :  Mayat Bayi Perempuan Gegerkan Salamreja