Hidup Sehat Lahirkan Generasi Berkualitas

204
Siswa SD Lempuyangwangi 1 menggunakan sarana olahraganya yang baru, Selasa (08/05/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Gaya hidup sehat yang dilakukan sejak dini akan melahirkan generasi yang berkualitas. Karenanya anak-anak perlu diajarkan untuk berolahraga secara rutin sebagai aktivitas di sekolah.

“Gaya hidup aktif melalui olahraga rutin penting untuk ditanamkan sebagai bagian dari aktifitas sekolah,” ujar  Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro disela perbaikan sarana olahraga di SD Lempuyangwangi 1, Selasa (08/05/2018).

Untuk bisa berolahraga, sekolah perlu meningkatkan sarana dan fasilitas olahraga. Sebab sekolah merupakan tempat yang sangat penting karena anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sini.

Mempunyai sarana olahraga di sekolah yang memadai sangat membantu rutinitas anak-anak berolahraga. Perlu peran serta berbagai stakeholder untuk mewujudkan pengembangan sarana olahraga di sekolah.

”Perbaikan sarana olahraga dilakukan sejak April 2018. Untuk SD Lempuyangwangi 1 sudah selesia sehinggai lebih dari 580 bisa menggunakan lapangan basket barunya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Puluhan Ribu Pegowes Siap Beramal untuk Kemanusiaan

Program perbaikan sarana olahraga seperti di SD Lempuyangwangi 1, lanjut Andrew sudah dilakukan sejak 2013 lalu. Dengan konsep membangun keluarga yang kuat dan sehat melalui kampanye ‘Drink. Move. Be Strong’,  anak-anak diajak aktif bergerak dan rajin berolahraga serta rutin minum susu.

Selain berolahraga, kebiasaan minum susu juga penting untuk anak-anak. Berdasarkan hasil studi SEANUTS (South East Asian Nutrition Survey) yang diinisiasi oleh FrieslandCampina tahun 2012 terhadap lebih dari 16.000 anak usia 6 bulan – 12 tahun, menunjukkan anak-anak Indonesia mengalami berbagai permasalahan terkait dengan kesehatan dan gizi, seperti gaya hidup kurang aktif, malnutrisi, kekurangan vitamin D serta gangguan pertumbuhan fisik atau stunting.

“Melalui hasil studi SEANUTS tersebut, edukasi tentang gaya hidup sehat dan aktif terus dilakukan. Kami sangat senang hari ini bisa merampungkan perbaikan sarana-sarana olahraga dan bersama anak-anak menerapkan kebiasaan minum susu dan rutin berolahraga sambil menyambut Hari Susu Sedunia yang jatuh pada 1 Juni 2018 yang akan datang,” tambah Andrew.

Baca Juga :  NU Gunungkidul Kutuk Aksi Teror Bom

Perbaikan lapangan olahraga yang dilakukan Frisian Flag di SD Lempuyangwangi I, lanjutnya juga diisi dengan diskusi tentang kebaikan gizi yang terkandung dalam susu, minum susu bersama, dan olahraga bersama guru dan siswa. Rangkaian acara menyambut perayaan Hari Susu Se-Dunia 2018 dilaksanakan mulai 8 hingga 15 Mei 2018. Lebih dari 6000 anak di 8 Sekolah Dasar mendapatkan edukasi mengenai pentingnya minum susu setiap hari, rutin setiap hari dan berolahraga secara teratur.(*/yve)