Hujan Abu Selimuti Bantul

242
Suasana ketika hujan abu menyelimuti sebagian besar wilayah Bantul, Jumat (11/05/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dampak letusan freatik Gunung Merapi, Jumat (11/05/2018) pagi, juga terasa di Kabupaten Bantul. Sekitar pukul 10:00 hujan abu tipis menyelimuti sebagian besar wilayah kabupaten ini. Hujan abu semakin siang bertambah tebal, dan mencapai puncak menjelang salat Jumat.

Dari pantauan koranbernas.id terlihat kendaraan yang berlalu lalang di  jalan-jalan wilayah Bantul kacanya terlihat kotor dan berdebu warna abu-abu putih.

Para pengendara  juga  mengenakan masker untuk menghindari dampak hujan abu yang terasa perih di mata. Evi Nurhayati, warga Imogiri mengatakan hujan abu terasa sejak pagi, namun siang terasa lebat.

“Semua menjadi kotor, abunya lebat  dan menempel di mana-mana,”kata Evi.

Mariyem, pedagang  pisang yang sedang melintas jalan Trirenggo Bakulan, mengatakan hujan abu sangat terasa. “Terasa sekali, perih mbak ini lebat sekali,” katanya.

Demikian  pula dari pantauan di tempat lain, seperti seputar gedung DPRD Bantul hingga wilayah Kretek terkena hujan abu. Abu vulkanik juga membuat warna aspal yang tadinya hitam berubah putih.

Di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) semua mobil yang diparkir di kampus tersebut tertutup abu. Meski diparkir di bawah pohon, masih juga terkena abu vulkanik.

Untuk kawasan selatan, intensitasnya tidak selebat di sebelah utara. Hujan abu berangsur-angsur hilang pada pukul 14:00 dan  Bantul kembali terlihat cerah. (sol)