Hujan Seharian Porak-porandakan Sejumlah Titik

318
Pohon tumbang menimpa sejumlah rumah di Sleman setelah hujan seharian, Selasa (28/11/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Hujan deras yang mengguyur wilayah DIY termasuk wilayah Kabupaten Sleman sejak pagi hingga siang, Senin (28/11/2017) mengakibatkan sejumlah wilayah banjir dan longsor.

Dam jebol di Losari 2 RT 06/12 Wukirharjo Prambanan pukul 13.00 WIB misalnya mengakibatkan banjir bandang di kawasan tersebut. Akibatnya rumah Ny Madio (80) yang dihuni 2 jiwa hanyut hilang semua sehingga mengungsi di rumah Suhar. Korban membutukan logistik dan pakaian.

Kemudian rumah Mujio (47) dihuni 2 jiwa tempat mengungsi dirumah orangtuanya bernama Slamet juga warga Losari. Rumah Mujio roboh tinggal 15% butuh logistik dan pakaian.

Selain itu dua kandang milik Suhar roboh yang menyebabkan tiga sapi menjadi korban. Satu ekor sapi ditemukan luka patah kaki.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan menjelaskan, longsor di Sleman terjadi di tiga titik. Yaitu tebing longsor di Jali Gayamharjo, Prambanan yang mengakibatkan 1 rumah rusak sedang.

Kemudian talud jalan longsor di Jalan Seyegan- Godean ruas dusun Klaci, Margoluwih, Seyegan dan mengakibatkan terganggunya lalu lintas. Jalan Kabupaten juga ambles 30 cm.

“Namun jalan masih bisa di lalui roda empat maupun roda dua,” kata Makwan.

Longsor akibat hujan seharian di wilayah Sleman, Selasa (28/11/2017).

Sedangkan di Prambanan juga terjadi banjir di tiga titik yang mengakibatkan genangan dari luapan sungai barat rumah dome, Dusun Pereng, Sumberharjo Prambanan. Banjir menggenang di permukiman dan persawahan banjir tersebut mengakibatkan 1 rombongan 50 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sedang berkujung terjebak di rumah dome.

“Tindakan darurat TRC BPBD dengan sigap melakukan evakuasi anak dengan menggunakan pelampung dan tali,” tutur Makwan.

Banjir genangan, di Klero Sumberharjo Prambanan, lanjutnya mencapai sekitar 50 cm. Kemudian banjir genangan di Losari 2, Wukirharjo, Prambanan menutup akses menuju Gayamharjo.

Selain banjir dan longsor, angin kencang terjadi di lima titik. Angin Kencang di Seyegan, Jamblangan Margomulyo mengakibatkan pohon tumbang dan menutup akses jalan.
Kemudian di Ngemplak, Jl Dworowati, Wedomartani, pohon tumbang menutup akses jalan. Di Moyudan, Dagen Sumberrahayu, satu pohon tumbang juga menutup akses jalan.

Di Prambanan, Watutarung Cepit, Bokoharjo, satu pohon tumbang menimpa kandang sapi dan kambing. Dan Prambanan, Candisari, Wukirharjo, satu pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa jaringan listrik.

“Siswa TK Budimulia 2 Taman Siswa Yogyakarta, yang terjebak banjir di rumah dome sudah terevakuasi pukul 16.00 WIB, di angkut bus susulan dari PO Bus,” jelasnya. (yve)