Hyatt Regency Yogyakarta Peroleh Penghargaan Tingkat ASEAN

167
Penyerahan penghargaan ASEAN Green Hotel Standart 2018 di Thailand. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Mengawali 2018, Hyatt Regency Yogyakarta kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di bidang Pariwisata Indonesia.

Pada 26 Januari silam, hotel ini menerima penghargaan sebagai ASEAN Green Hotel Standart 2018 yang diselenggarakan di Hotel Shangri-La Chiang Mai Thailand.

Penghargaan yang diberikan Menteri Pariwisata Arif Yahya kepada Dir Of Room Hyatt Regency Yogyakarta, Ateng Aditya, adalah sebuah apresiasi yang diberikan bagi hotel yang senantiasa mengimplementasikan program dan kebijakan tata kelola ramah lingkungan.

Assistant Public Relation Manager Hyatt Regency Yogyakarta, Precy Setyadhika Permata, menyampaikan pada September 2017 Hyatt Regency Yogyakarta juga menerima penghargaan serupa sebagai Pemenang Pertama Green Hotel Award tingkat Nasional yang dilaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta, sekaligus memperingati Hari Pariwisata Dunia.

Kompetisi ini pun dilaksanakan sejatinya setiap dua tahun sekali. Hyatt Regency Yogyakarta dan tiga hotel lain di Yogyakarta patut berbangga hati karena dapat memboyong trofi yang juga mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

“Tidak mudah mempertahankan gelar Green Hotel bagi Hyatt Regency Yogyakarta, perjalanan meraih penghargaan tersebut melalui kerja keras yang dilakukan manajemen dan staf agar selalu menjadi hotel yang ramah lingkungan,” ungkapnya, Sabtu (03/02/2018).

Baca Juga :  MAN 1 Sleman Dampingi Siswa Hingga Detik Terakhir

Sebelumnya, tim juri terdiri dari para ahli  berkunjung dan meninjau ke masing-masing hotel. Mereka melakukan semua penilaian menyeluruh, terutama berkaitan dengan pengelolaan yang ramah lingkungan, konservasi energi, manajemen limbah, manajemen makan dan minuman yang berasal dari lokal, pendidikan dan kesadaran karyawan dan CSR untuk komunitas.

Dir Of Room Hyatt Regency Yogyakarta, Ateng Aditya, merasa bangga dan bahagia menerima penghargaan yang diselenggarakan di Chiang Mai ini karena dapat menunjukkan kepada khalayak ramai bahwa Hyatt Regency Yogyakarta berkontribusi penuh dalam program Green Hotel ini.

General Manager Hyatt Regency Yogyakarta, Nurcahyadhi, menyampaikan penghargaan ini didedikasikan untuk semua karyawan yang secara konsisten telah menjaga lingkungan yang sehat, tidak hanya di area hotel namun juga lingkungan sekitar hotel.

Hyatt Regency Yogyakarta secara proaktif berpartisipasi dan turut mempromosikan gerakan Earth Hour tidak hanya di hotel saja namun juga ke semua keluarga karyawan.

Baca Juga :  Kebut Pembangunan NYIA, Jalan Daendels Ditutup

Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara, Hyatt Regency Yogyakarta bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia mengadakan kegiatan Pink Ribbon Run yang diadakan setiap tahunnya.

Sebagai hotel yang selalu ingin menghijaukan daerah sekitar Jalan Palagan Tentara Pelajar, maka Hyatt Regency Yogyakarta secara berkelanjutan akan menanam pohon di sepanjang jalan tersebut bekerja sama dengan warga sekitar dan juga tamu yang menginap.

Tujuannya agar mereka pun memahami, menjaga lingkungan tidak dapat dilakukan seorang diri melainkan bersama-sama agar tercipta lingkungan yang hijau dan asri.

Program komunitas lainnya yang telah dilakukan di antaranya membuat dan merawat taman kota, mengadopsi desa wisata dan upaya untuk melakukan konservasi energi.

Dia berharap Hyatt Regency Yogyakarta dapat menjadi role model bagi hotel dan bisnis hospitality lainnya untuk menciptakan tata kelola ramah lingkungan dan diharapkan dapat membawa dampak positif bagi industri pariwisata di Yogyakarta khususnya dan di Indonesia pada umumnya. (sol)