Ibadah Haji Banyak Godaannya

Jamaah Asal Temanggung Diminta Sabar dan Lapang Dada

431
Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi memberikan sambutan  pada acara pelepasan jamaah calon haji 2018. (endriyarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Jamaah calon haji kabupaten Temanggung tahun 2018 secara resmi dilepas oleh Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi, di Pendopo Pengayoman.

Di hadapan jamaah calon haji, tamu undangan serta Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), pimpinan DPRD,  camat, kepala KUA se- dan pejabat terkait, Irawab mengatakan berangkat menunaikan ibadah haji harus dilandasi dengan  kesabaran yang tinggi.

Selain itu, juga dengan niat hati yang suci termasuk mengikuti segala aturan serta petunjuk tentang tata cara beribadah haji. Dengan demikian ibadah haji bisa dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga mendatangkan kepuasan beribadah dan  berpredikat haji mabrur.

“Beribadah haji di tanah suci Mekkah  banyak godaan, cobaan dan rintangan yang menuntut bersikap sabar dan lapang dada,” ujarnya.

Dia mencontohkan beberapa rangkaian ibadah haji acapkali mengalami perubahan waktu berjam-jam dari waktu yang dijadwalkan. Ini harus diterima dengan hati ikhlas dan sabar.

Baca Juga :  Senam HUT Korpri Bertabur Doorprize

“Oleh karena itu, mulai sekarang para calon jamaah haji menata hati  melatih kesabaran, sehingga segala godaan, cobaan dan rintangan yang ditemui di tanah suci kelak  bisa dilalui dengan selamat,” kata dia.

Mereka juga diminta mendoakan  kemajuan dan kemakmuran masyarakat Temanggung supaya bertambah sejahtera.

Kepala Bagian Kesra Setda Kab Temanggung Fajar Pramudito, Kamis (12/07/2018), mengatakan  jumlah jamaah calon haji 2018 sebanyak 1.169 orang terbagi lima kelompok terbang (kloter).

Kloter  19  sebanyak  133 orang  diberangkatkan  Sabtu 21 Juli 2018 pukul 10:00 dari Pendopo Pengayoman, kloter 20 sebanyak  355 diberangkan hari yang sama pukul 13:00.

Sedangkan pemberangkatan Rabu 25 Juli 2018  dari Pendopo Pengayoman  diikuti dua kloter yaitu kloter  30 sebanyak 355 orang pada pukul.07:00 dan kloter 31 sebanyak 303 orang pada pukul 16:00.

Baca Juga :  Mencari Teknisi yang Kompeten Tak Sulit

Kloter  95 sebagai kloter terakhir terdiri 23 orang diberangkatkan  Selasa 14 Agustus  2018 pukul 10:00 dari Pendopo Pengayoman langsung ke Asrama Haji Donohdan Solo bergabung dengan  jamaah calon haji dari Kabupaten Cilacap.

“Para calon haji naik bus menuju Asrama Haji Donohudan Solo guna menjalani serangkaian persiapan seperti pemeriksaan kesehatan dan pembagian living cost. Mereka di Donohudan menginap satu malam sebelum diterbangkan dari Bandara Adisumarmo menuju bandara King Abdul Aziz Arab Saudi,“ ujarnya. Sekitar 42 hari para jamaah  tinggal di Arab Saudi. (sol)