Ibu Menyusui Tubuhnya Dijamin Langsing

Tanpa Harus Diet Keluarkan Biaya Mahal

55
Warga Sleman mendukung pemberian ASI eksklusif. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes menyampaikan orasi di depan para kader kesehatan, ibu hamil dan ibu menyusui, pada acara Pekan ASI Dunia, Minggu (05/08/2018), di Depan Gedung Kesenian Denggung Sleman.

Wakil Bupati bahkan berkai-kali meneriakkan yel-yel untuk menyemangati mereka. “Dengan ASI sehat anak hebat…. Ibu hebat anak sehat,” ujarnya.

Menurut dia, ASI penting bagi kesehatan bayi dan ibu. Karena, ASI mengandung proteinnya yang bagus untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh bayi.

ASI juga dapat menjadikan anak cerdas.  Sedangkan bagi ibu, sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika bayi menyusui,  tubuh ibu akan terjadi kontraksi dan lemak dalam tubuh terserap sebagai sumber produksi ASI itu sendiri.

Baca Juga :  Warga Tiga RT Bentangkan Poster di DPRD

Ibu menyusui tidak perlu diet dengan biaya mahal. Dengan menyusui bayinya, dijamin tubuhnya akan menjadi langsing.

Sri Muslimatun yang juga seorang bidan senior itu secara teknis menyampaikan berbagai hal mengenai cara seorang ibu  merawat dan menjaga asupan gizi bayi, dari mengandung sampai dengan pasca-persalinan hingga pemberian ASI eksklusif sampai dua tahun, ditambah makanan pendamping bayi.

Dia menyampaikan, sampai saat di Sleman cakupan ibu menyusui dengan ASI eksklusif mencapai 82 persen dan harapannya dari tahun ke tahun meningkat jadi 100 persen.

Untuk mendukung program itu, fasilitas Puskesmas sudah dilengkapi ruang laktasi. Begitu pula perkantoran dan fasilitas umum secara bertahap dilengkapi ruang laktasi. Perusahaan dan swasta juga dianjurkan menyediakan ruang laktasi. Menyusui bisa mencegah terjadinya stunting bayi.

Baca Juga :  Delapan Perangkat Daerah di Sleman Dinilai KID Belum Maksimal Terapkan PPID

Dalam kesempatan ini dilakukan penandatanganan komitmen bersama mendukung pemberian ASI Eksklusif yang diawali Wakil Bupati, Camat Sleman serta Muspika dan masyarakat. (sol)