Ikan-ikan di Sungai Ini Mati Akibat Tercemar Limbah Pabrik

270
Kondisi sungai yang tercemar limbah pabrik. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Sejumlah warga Argorejo Sedayu Bantul mendapati ikan-ikan di sungai mati. Setelah dicek, ternyata akibat tercemar limbah pabrik. Mereka kemudian melapor ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Selasa (27/02/2018) siang sekitar pukul 14:00 Sukamto, petugas dari DLH Bantul beserta tiga orang staf serta Ruruh Haryata dari DLH DIY beserta dua orang staf, melakukan penyelidikan.

Ikan-ikan yang mati akibat pencemaran. (istimewa)

Hasilnya, limbah yang terbuang di sungai tersebut diketahui berasal dari sebuah pabrik yang berlokasi di Jalan Wates Km 11,5  Argorejo Sedayu Bantul.

Dalam penyelidikan kali ini, para petugas dari DLH Bantul maupun DLH DIY didampingi Kapolsek Sedayu Kompol Sugiarta AMd beserta Panit Reskrim, Panit Intel dan stafnya.

Usai melihat kondisi sungai, tim tersebut kemudian mendatangi lokasi pabrik. Berdasarkan hasil konsultasi antara perwakilan pabrik dengan DLH Bantul serta temuan di lapangan saat dilakukan peninjauan, ternyata perusahaan itu belum bisa menunjukkan dokumen.

Petugas Polsek Sedayu memeriksa bagian dalam pabrik. (istimewa)

Akhirnya diputuskan pimpinan PT tersebut agar menyerahkan administrasi yang dimaksudkan ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul.

Kapolsek Sedayu Kompol Sugiarta Amd menyatakan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui langkah-langkah yang akan  diambil.

“Jadi, sejauh ini dari DLH Kabupaten belum bisa menentukan langkah lebih lanjut. Masih dalam penyelidikan,” ujarnya. (sol)