Ilham Sandi Perangkat Desa Termuda

2290
Kades Sorogaten Hari Harsono melantik dan mengambil sumpah janji perangkat desa Sorogaten. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pelantikan perangkat desa (katdes) di Kabupaten Klaten sebagian besar selesai. Artinya katdes yang dilantik dan diambil sumpahnya pada Jumat (04/05/2018) dan Sabtu (05/05/2018) sudah harus bekerja mulai Senin (07/05/2018).

Mereka yang telah dilantik itu merupaka peraih nilai tertinggi seleksi serentak yang digelar Minggu (29/04/2018). Latar belakang pendidikannya SMA, SMK, Diploma dan Sarjana.

Di Desa Sorogaten Kecamatan Tulung misalnya, pelantikan katdes dilaksanakan Sabtu sore oleh Kepala Desa Hari Harsono. Katdes yang dilantik adalah Ilham Sandi Ramadhani sebagai Kaur Keuangan dan Etik Suryani sebagai Kaur Umum dan Perencanaan.

Proses pelantikan yang dimulai pukul 16:15 di gedung pertemuan kantor kepala desa setempat dihadiri Camat Tulung Rohmad Sugiharto dan muspika setempat.

Camat Rohmad Sugiharto menjelaskan proses pendaftaran, seleksi hingga pelantikan katdes di 16 desa di wilayahnya berjalan lancar, transparan dan obyektif.

“Tidak ada pungutan biaya apapun terhadap peserta. Semua berjalan lancar, transparan dan obyektif,” jelasnya.

Rohmad menegaskan hal itu sekaligus menjawab rumor yang berkembang di sejumlah desa yang menyebutkan para katdes yang akan dilantik dibebani biaya pelantikan.

Baca Juga :  UMKM Tulang Punggung Perekonomian ASEAN

Penegasan itu juga dibuktikan saat proses pelantikan berlangsung sederhana. Saat pelantikan yang hanya dihadiri kurang dari 100 orang meliputi kedua katdes dan keluarga, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ketua RT, Ketua RW, kepala desa, perangkat desa, TP3D, BPD, PKK, babinsa, babinkamtibmas, camat dan Muspika Tulung.

Kepala Desa Sorogaten Hari Harsono menjelaskan di desa yang dia pimpin ada dua formasi yang kosong dan telah diisi dalam pelantikan tersebut.

Dua formasi itu Kaur Keuangan dan Kaur Umum dan Perencanaan. “Setelah dilantik mereka harus sudah bekerja melayani masyarakat pada hari Senin,” ujar Hari Harsono.

Kaur Keuangan Desa Sorogaten Ilham Sandi Ramadhani. Perangkat desa termuda yang dilantik. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Diceritakan, ada 21 calon yang mendaftar untuk menduduki dua formasi. Namun dalam seleksi pada hari Minggu (29/04/2018) terpilih dua calon yang memperoleh nilai tertinggi untuk selanjutnya diusulkan dilantik menjadi perangkat desa.

Usai dilantik, Kaur Keuangan Ilham Sandi Ramadhan mengatakan dirinya akan fokus pada pekerjaan membuat laporan keuangan desa. “Setelah dilantik saya harus fokus buat laporan keuangan desa sebaik mungkin,” ujar pria lulusan SMK 1 Boyolali itu.

Baca Juga :  Aneh, Ada Anak SMA Tidak Hafal Pancasila

Ilham Sandi boleh dikatakan perangkat desa termuda yang dilantik karena baru berusia 20 tahun. Sebelumnya dia berstatus tenaga harian lepas ( THL) di Desa Sorogaten.

Karena statusnya yang hanya seorang THL dan kontrak kerjanya hanya satu tahun, anak pertama dari 5 bersaudara itu melamar perangkat desa di TP3D Sorogaten.

“Saya mencoba mendaftar untuk kejelasan status. Sebagai seorang THL yang sudah hampir satu tahun bekerja tentu akan berakhir masa tugas saya. Alhamdulillah lolos dan dilantik,” kata Ilham Sandi.

Dalam seleksi katdes, kata dia, dari 21 pelamar, 9 di antaranya melamar kaur keuangan. Mereka umumnya sarjana pemerintahan, sarjana akuntansi dan keperawatan.

Dirinya yang lulusan SMK 1 Boyolali memperoleh nilai tertinggi dan dilantik menjadi Kaur Keuangan Desa Sorogaten hingga usia 60 tahun. (sol)