Ilmu Olahan Opak Singkong, Didapatkan Satgas TMMD Banjarnegara

106
MEMBUAT OPAK -- Seorang anggota TNI sedang belajar membuat kerupuk opak dari singkong. (Foto: Pendim 0704/BNA - Koran Bernas)

KORANBERNAS.ID – “Ilmu Adalah Buruan, Maka Ikatlah Kuat-kuat Buruanmu Itu Jika Telah Kau Dapatkan.” Itulah pepatah yang coba diaplikasikan Kopda Hamza Harbelubun, Satgas TMMD asal Yonif 406/CK, dalam mempelajari pembuatan opak singkong dari salah satu warga sasaran TMMD Reguler. 

Hamza menggunakan waktu rehatnya untuk bersilaturahmi kepada Sarwen, wanita paruh baya 53 tahun Dusun Kroya Rt/Rw. 3 Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, sekaligus curi ilmu membuat opak dari singkong.

Bu Sarwen menyatakan dalam sehari dengan bahan mentah 5 kg dapat diolah menjadi 100 biji opak dengan harga 400 rupiah per bijinya. Tentu penghasilan sebesar 40 ribu sudah dapat mencukupi kebutuhan hariannya, dengan catatan semuanya habis terjual.

Opak yang merupakan cemilan kampung bertekstur renyah dengan bumbu sederhana, bawang putih dan bumbu dasar lainnya.

Cara Pembuatan Opak Singkong Dengan 5 Kg Singkong.

Bahan-bahan antara lain 5 kg singkong, 15 siung bawang merah-daun seledri secukupnya-daun bawang yang ketiganya diiris halus serta garam dan cabe merah yang dihaluskan secukupnya. Kemudian kukus singkong sampai matang dan angkat.

Haluskan singkong yang telah masak dan campur dengan bumbu dimaksud dan aduk sampai rata, jangan lupa menambahkan irisan daun bawang dan seledri. Langkah selanjutnya adalah cetak adonan opak sesuai selera, bisa juga dipipihkan. Langkah terakhir adalah jemur sampai betul-betul kering untuk kemudian dipasarkan atau digoreng dengan minyak panas dan bara yang kecil.

Itulah sedikit ilmu yang didapatkan Hamza Harbelubun dari Bu Sarwen, yang akan diaplikasikannya sepulang TMMD, kepada para Ibu Persit di kesatuannya. (*/Pendim0704-BNA)

Baca Juga :  Bupati Ajak Warga Kristiani Ciptakan Suasana Aman