Imam dan Ganjar Gowes di Puncak Acara Haornas

286
Menpora Imam Nahrawi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo gowes di Stadion Soebroto Magelang, Sabtu (9/9/2017) dalam puncak Haornas. (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Menteri Pemuda dan Olahraga (menpora) Imam Nahrawi didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo disambut meriah ribuan pelajar ketika gowes bersama memasuki Stadion Soebroto Magelang, Sabtu (9/9/2017) saat puncak acara peringatan Hari Olahraga Nasional (haornas). Mereka antusias menyambut keduanya yang sengaja datang dengan bersepeda ke Haornas yang bertema ‘Olahraga Menyatukan Kita’ tersebut.

Puncak acara Haornas sedianya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun Presideni berhalangan hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

Meski Presiden tak hadir, Haornas tetap berjalan meriah dan istimewa. Sebab dalam acara kali ini dikukuhkan pembangunan Monumen Tanah Air Persatuan di Gunung Tidar, Magelang.

Ganjar dalam sambutannya mengemukakan spirit olahraga harus menjadi bagian dalam kehidupan. Olahraga juga menjadi bagian pemersatu bangsa.

Baca Juga :  Sogan Batik Berkibar di Australia

“Adalah kenangan tersendiri bagi Magelang dan Jawa tengah sebagai tuan rumahnya Haornas tahun ini dan semoga menjadi penyemangat bagi Jawa Ttengah untuk meningkatkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Sementara Ketua Pelaksana, Rd Isnanta mengemukakan Haornas kali ini merupakan puncak berbagai kegiatan. Sebut saja GTPN yang melibatkan 90 kabupaten kota dengan jarak tempuh mencapai 5.124 km.

Selain itu Gala desa, Liga Sepakbola Pelajar yang berjenjang dari SD hingga mahasiswa. Lebih dari 1.000 pesepakbola pelajar ikut ambil bagian dalam kompetisi itu.

“Diharapkan olahraga dapat mempersatukan bangsa ini,” lapor Isnanta yang juga merupakan Deputy III Kemenpora.

Menpora Imam Nahrawi dalam kesempatan yang sama menyampaikan olahraga merupakan bagian penting dalam pembangunan manusia Indonesia. Sehingga semua pihak harus mampu memanfaatkan olahraga sebagai bagian pendidikan dan pembangunan karakter.

Baca Juga :  Merapi Erupsi, Bupati Jumatan di Cangkringan

“Oleh karena itu tidaklah salah jika tema Olahraga menyatukan kita karena dgn olahraga kita menjadi satu yakni bangsa Indonesia,” imbuhnya. (yve)