Indahnya Jurus Pesilat Tapak Suci

1402
Atraksi pencak silat Tapak Suci di Gose Fustal, Jumat (25/80/2017). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Lihatlah tiga pesilat yang tampil di panggung ini. Mengenakan ikat kepala bermotif batik dan kipas di tangan, mereka membawakan gerakan-gerakan yang indah. Begitu terampil dan lincah ketiganya memperagakan jurus-jurus khas perguruan seni beladiri tersebut.

Ratusan penonton pun dibuat terkesima, saat para pesilat itu tampil pada pembukaan kejuaraan pencak silat Tapak Suci antar-SD Muhammadiyah se-DIY di Lapangan Gose Futsal, Jumat (28/8/2017).

Kejuaraan  dalam rangka milad ke-53 RS PKU Muhammadiyah tersebut dibuka oleh Direktur RS PKU Muhammadiyah Bantul, dr Widianto Dhanang Prabowo MPA. Hadir pula Assek I Pemkab Bantul, Drs Totok Sudarto.

“Saya berharap pertandingan pencak silat Tapak Suci antar-SD Muhammadiyah se-DIY dan baru pertama kalinya diadakan ini, bisa memberikan sumbangsih bagi peningkatan kualitas masa depan para penerus bangsa,” kata Widianto.

Baca Juga :  Wartawan Dikeroyok dan Dirampas Ponselnya

Kegiatan  olahraga termasuk pencak silat, akan meningkatkan kesehatan sehingga anak  tidak mudah sakit, menjadi bugar dan mendukung kegiatan belajarnya.

Selama ini, lanjut Widianto, banyak pasien yang berobat ke RS PKU di antaranya sakit karena kurang gerak atau olahraga. “Rajin berolahraga menjadikan paru-paru juga lebih sehat, otot juga lebih kuat. Saya salut dengan adik-adik semua yang rajin berlatih pencak silat. Jangan jadi anak yang lebih banyak liat televisi atau main hape, lalu malas beraktivitas,”katanya.

Wahyu Priyono S KEP selaku ketua panitia mengatakan  banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Milad ke-53 PKU Muhammadiyah.

“Di antaranya pertandingan pencak silat PKU Bantul Cup Tapak Suci yang diikuti 61 kelompok dengan 270 atlet,” katanya. Pertandingan berlangsung tiga hari hingga 27 Agustus  sebagai bentuk apresiasi RS PKU Muhammadiyah Bantul terhadap Tapak Suci sebagai ortom (organisasi otonom)Muhammadiyah. Kejuaraan itu memperebutkan piala dan piagam.

Baca Juga :  Ayo Gelorakan “Jajan Tonggo Nglarisi Konco”

Selain pencak silat, rangkaian milad juga diisi kegiatan sosial donor darah, lomba futsal dan family gathering. (sari wijaya)