Indonesia Selalu Ada di belakang Palestina

170
Presiden menyatakan dukungannya terhadap aksi solidaritas umat Islam di Indonesia untuk Palestina. Pernyataan itu diutarakan Presiden, Sabtu (16/12) sore, usai acara Apel Pemuda Islam Indonesia. (Rosihan Anwar/KoranBernas.id)

KORANBERNAS.ID — Umat Islam di Indonesia menggelar Aksi Bela Palestina yang digelar Minggu (17/12), di silang Monas Jakarta. Terkait dengan aksi yang diinisiasi oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) itu, Presiden Joko Widodo menyatakan, pemerintah Indonesia akan terus memberikan dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina menuju kemerdekaannya.
“Ya itu baik-baik saja (aksi). Saya sudah dapat informasinya,” kata Presiden, Sabtu (16/12) sore.
Berbicara kepada media usai memimpin Apel Pemuda Islam Indonesia di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Presiden Joko Widodo pun menyatakan dukungan atas upaya umat Islam Indonesia yang menggalang solidaritas demi Palestina.
“Berkaitan dengan dukungan terhadap Palestina, saya kira sudah menjadi concern, sudah menjadi komitmen rakyat kita, negara kita untuk mendukung Palestina,” ujar Presiden.
Sementara itu, Ketua Umum GP Anshor Yaqut Cholil Choumas kepada Koran Bernas menyebutkan, GP Anshor dan ormas Nahdatul Ulama (NU) sejak awal juga telah menolak sikap sewenang-wenang Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang secara sepihak memberikan pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel.
“Kami sudah secara tegas mengecam ya sikap Trump itu. Karena selain a historis juga sangat melukai perasaan umat Islam secara umum,” tutur Yaqut.
Anshor pun, ujar Yaqut Cholil Choumas, telah menyampaikan keberatan tersebut kepada pemerintah untuk diteruskan melalui forum diplomasi internasional. “Kami sudah bertemu pemerintah dan menyampaikan sikap Anshor dan Banser,” katanya.
GNPF memperkirakan lebih dari satu juta umat Islam akan memadati Lapangan Monas Jakarta sebagai bentuk aksi solidaritas untuk umat Islam di Palestina dan juga mendesak mendesak agar Amerika mencabut pengakuan dukungan Yerusalem sebagai ibukota Israel. (ros)

Baca Juga :  Ingin Selfie 3 Dimensi? Datanglah ke Sedayu