Ingin Jadi CPNS di Jogja? Harus Kuasai Keistimewaan Kota Ini

97
Sekda DIY Gatot Saptadi di Kompleks Kepatihan, Senin (24/9/2018).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kabar baru bagi para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk wilayah Daerah Instimewa Yogyakarta (DIY). Untuk bisa jadi CPNS di kota ini, sebagian pendaftar harus menguasai materi keistimewaa DIY.

“Sesuai arahan Ngarso Dalem, CPNS yang lolos seleksi diprioritaskan menguasai materi keistimewaan DIY untuk formasi tertentu,” ujar  Sekda DIY Gatot Saptadi di Kompleks Kepatihan, Senin (24/9/2018).

Menurut Gatot, Pemda sudah mengkonsultasikan pemasukan materi keistimewaan DIY dalam tes CPNS ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Penambahan materi keistimewaan tersebut nantinya akan dikhususkan pada formasi CPNS yang pekerjaannya terkait penerapan keistimewaan DIY. Sehingga kebijakan tersebut tidak membatasi peserta lain yang ingin mendaftar CPNS di DIY.

Baca Juga :  FKPM Dorong Kepedulian Kepada Warga Kurang Beruntung

Dimungkinkan materi keistimewaan DIY akan diujikan pada tes wawancara dalam bentuk tes tambahan atau dengan memberikan pelatihan kepada peserta yang telah dinyatakan lolos. Sebab materi tersebut tidak bisa  dimasukkan dalam tes tulis materi tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

“Formasi CPNS yang bersentuham langsung dengan keistimewaan DIY tidak banyak,” jelasnya seraya menambahkan, DIY juga mensyaratkan pendaftar CPNS harus memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,85. (yve)