Ingin Wisata di DIY Makin Moncer?. Ini caranya.

465
Wartawan koranbernas.id bersama Bhabinkamtibmas Polsek Dlingo, Aipda Gangsal Wirajati SH mengunjungi Pinus Pengger salah satu dari potensi wisata Dlingo yang luar biasa indah dan telah tertata dengan spot-spot foto yang menawan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Sektor Pariwisata di Bantul semakin bersinar. Apalagi setelah Presiden AS Barack Obama dan keluarga berkunjung ke Bantul khususnya kawasan Bukit Becici, Dlingo beberapa waktu lalu. Arus kunjungan ke tempat ini semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Seperti saat koranbernas.id menyusuri jalan-jalan di Dlingo, kendaraan berseliweran masuk ke kawasan ini. Bukan hanya sepeda motor, tapi juga mobil dan bahkan bus pariwisata.

Bukan hanya menuju Puncak Becici, namun obwis lain juga terpantau padat pengunjung. Seperti misalnya Kebun Buah Mangunan, Rumah Hobbit atau Seribu Batu,  Jurang Tembelan yang ada “kapal titanic di atas awan” dan lainnya. Jarak satu dengan yang lain tidak berjauhan dan ada papan petunjuk yang jelas sehingga memudahkan wisatawan menuju lokasi.

Semakin populernya wisata tersebut menjadikan Kementerian Pariwisata memutuskan obwis di Bantul masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Pemilihan kategori nominasi dilakukan di tempat wisata di seluruh Indonesia. Selanjutnya kategori nominasi tersebut akan ditandingkan lagi dengan nominasi di seluruh Indonesia melalui polling suara terbanyak berdasarkan Short Message Service (SMS) yang masuk.

Baca Juga :  Penyandang Disabilitas Dilatih Padamkan Api

Ni Nyoman Yudi Riani SET Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul didampingi Kasi Analisis Pasar dan Kerjasama, C Issri Putranti mengatakan masuknya dua obyek wisata Bantul di kancah nasional patut disyukuri.

“Tentunya semua membutuhkan dukungan masyarakat agar keduanya bisa mendapatkan anugerah tersebut. Untuk itu ayo kita dukung  bersama-sama,”kata Nyoman kepada koranbernas.id di kantornya, Senin (18/09/2017)  pagi.

Sedangkan Tanti-sapaan akrab Issri Putranti mengatakan adapun dua obwis yang masuk nominasi adalah untuk kategori 1, Surga Tersembunyi Terpopuler dari DIY masuk Wanawisata Budaya Mataram, Dlingo. Dan kategori 11, Kampung Adat Terpopuler yakni Desa Wisata Mangunan juga di wilayah Dlingo. Untuk obyek wisata DIY lainnya  yang masuk kategori adalah Kategori 6, Tempat Berselancar Terpopuler (Pantai Wediombo Gunungkidul), Kategori 9, Dataran Tinggi Terpopuler (Kalibiru Kulonprogo), Kategori 10, Objek Wisata Terpopuler (Tebing Breksi Sleman), Kategori, Kategori 14, Objek Wisata Belanja Terpopuler (Pasar Beringharjo) dan Kategori 14, Objek Wisata Unik Terpopuler (Gua Jomblang Gunungkidul).

Baca Juga :  Cucak Rowo Bertebaran di Kulonprogo

“Kalau secara total untuk nominasi seluruh Indonesia ada 150 obyek dengan 15 kategori,” kata Nyoman.

Obyek tadi selanjutnya dipertandingkan berdasarkan polling SMS yang dimulai 1 Juni hingga 31 Oktober mendatang. Bagi yang ingin berpartisipasi bisa website https://anugerahpesonaindonesia.com,” .

Atau bisa juga dengan cara mengirim sms yakni untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler dengan cara ketik API (spasi) 1C kirim ke 99386. Untuk memilih Kampung Adat Terpopuler  Mangunan dengan cara ketik API (spasi) 11 G kirim ke 99386 berlaku untuk semua operator.

Sementara Bhabinkamtibmas Polsek Dlingo, Aipda Gangsal Wirajati SH yang mengantar wartawan koranbernas.id mengunjungi obwis di Dlingo mengatakan saat ini arus kunjunagn wisata memang meningkat.

“Kunjungan wisata bukan hanya siang, namun juga malam hari. Dari Dlingo bisa melihat keindahan Jogja dari ketinggian,” katanya. (SM)