Ini Bukti Jabatan Sekdes Diminati

265
Serah terima soal ujian Sekdes Giripeni. (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Minat masyarakat Giripeni untuk mengisi kekosongan jabatan Carik Desa atau Sekretaris Desa (Sekdes) cukup tinggi.

Hal ini terbukti pada Minggu (17/12/2017) kemarin, sebanyak 59 orang mengikuti ujian seleksi jabatan tersebut. Pengisian Sekdes tidak melalui mekansime pemilihan.

Ketua Panitia Pengisian Carik Desa Giripeni, Suradiman, menjelaskan kekosongan Carik Desa terjadi pertengahan tahun 2017 karena sesuatu hal. Untuk pengisian jabatan ini, awalnya tercatat 61 orang pendaftar.

Namun saat ujian tulis yang hadir ternyata 59 orang. Dua pendaftar tidak hadir tanpa keterangan. Pada pelaksanaan ujian kali ini pihak desa dibantu oleh P3M APMD Yogyakarta. Kampus itulah yang membuat soal ujian maupun melakukan koreksi hasil ujian.

Baca Juga :  Lindungi Penyandang Disabilitas dari Penelantaran
Peserta ujian pengisian Sekdes Giripeni. (sri widodo/koranbernas.id)

Ketua P3M APMD Yogyakarta Fatih Gama Abisono mengatakan,  pihaknya membantu membuat soal ujian hingga menilai hasil ujian dengan beberapa catatan.

Di antaranya, pihaknya tidak dibebani pesanan  untuk meluluskan peserta tertentu. Materi ujian terdiri dari ujian tertulis serta ujian lisan.

Menurut dia, ada dua materi ujian. Pertama, materi pengetahuan umum dan kepemerintahan desa. Kedua, materi semacam pakta integritas yang didalamnya juga ada semacam psikotes. Pelaksanaan ujian calon Sekdes Giripeni dilaksanakan di SD Grahulan Giripeni. (wid)