Ini Cara Anak Milenial Menjaga Bumi

116
Para siswa dan guru serta karyawan mengelar aksi lingkungan Penanaman Pohon Mangrove di Baros, Kretek, Minggu (30/9/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Siapa bilang kaum milenal tak peduli pada bumi yang dipijaknya? Para siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta membuktikan generasi muda pun memiliki kepedulian besar pada pelestarian lingkungan untuk menjaga bumi dari kerusakan yang makin parah.

Dalam rangkaian Milad SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta ke-68, para siswa dan guru serta karyawan mengelar aksi lingkungan Penanaman Pohon Mangrove di Baros, Kretek, Minggu (30/9/2018). Bertajuk “Win Together”, rombongan menanam mangrove di kedalam air sekitar setengah meter di sepanjang 25 meter kawasan pantai Baros.

Aksi tersebut menjadi bagian dari pendidikan karakter peserta didik pentingnya kelestarian lingkungan, termasuk di kawasan pantai. Selain melestarikan habitat pantai, mangrove dapat mencegah gelombang dahsyat.

Baca Juga :  Gerindra Kulonprogo Buka Pendaftaran Caleg
Para siswa dan guru serta karyawan mengelar aksi lingkungan Penanaman Pohon Mangrove di Baros, Kretek, Minggu (30/9/2018). (istimewa)

“Keberadaan mangrove juga dapat mengeliminir korban kalau terjadi ombak besar,” ujar Waka Humas SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Dra Rohmatunnazilah SPd MHum disela acara.

Menurut Nazila, para siswa sadar keikutsertaan menanam mangrove adalah perbuatan sangat Mulia. Hanya dengan menanam tiga batang bakau namun berdampak luar biasa.

“Ini perbuatan sederhana. Alam menunjukkan fenomena. Kita cukup mengenali dan menyusun langkah-langkah untuk bersahabat dengannya dengan memahami karakternya.
Demikian sunnatulloh atas setiap kejadian,” jelasnya.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Drs Slamet Purwo mengungkapkan, kegiatan itu sebagai wujud dari program adiwiyata sekolah. SMA tersebut saat ini terpilih menjadi salah satu Sekolah Adiwiyata di Kota Yogyakarta.

“Berbagai kegiatan pelestarian lingkungan kami laksanakan dalam program adiwiyata, termasuk mengajarkan anak peduli lingkungan dengan menanam mangrove dalam rangkaian milad sekolah,” imbuhnya.(yve)

Baca Juga :  Buka Malam Tapi Agak Gelap