Ini Cara Mengukur Berat Gajah

969
Mahout berlatih mengukur tinggi dan berat gajah. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Berapa berat seekor gajah? Mungkin sulit diketahui bila diukur dengan timbangan biasa, namun bagi mahout atau perawat gajah, bisa jadi hal itu mudah dilakukan.

Setidaknya, melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh Manajemen Gembira  Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, para dokter hewan dan mahout di kebun binatang itu kini mampu mengetahui berat dan tinggi gajah.

Apalagi, pelatihan yang berlangsung tiga hari Senin-Rabu (21-23/08/2017) tersebut, diampu oleh medical  expert gajah Asia, Dr Christopher Stremme serta konservator gajah dari Sumatra,  Nazarudin. Pelatihan berlangsung di Mayang Tirta kompleks kebun binatang tersebut.

Para mahout dan tenaga medis GL Zoo selain memperoleh materi tentang manajemen  pemeliharaan, reproduksi dan  breeding gajah, juga praktik langsung mengukur tinggi dan berat badan gajah. Mereka juga dilatih memeriksa apakah gajah betina sedang hamil atau tidak.

Baca Juga :  Kata Menteri, Pemerintah Harus  Punya Target

Dua dari delapan gajah koleksi kebun binatang itu, Natasya dan Subaya, sempat  di-USG dengan alat khusus yang dimasukkan melalui dubur gajah.

Melalui pelatihan tersebut, Christopher Stremme maupun Nazarudin berharap peserta pelatihan dapat mempraktikkan ilmunya. (sol)