Ini Cara Pemda DIY Antisipasi Joki CPNS

76
Sekda DIY, Gatot Saptadi. (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pendaftaran tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimulai serentak seluruh Indonesia, Rabu (26/9/2018). Pemda DIY menerima sebanyak 3.132 orang CPNS pada tahun ini.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sejumlah ketentuan baru diberlakukan dalam CPNS kali ini. Termasuk dalam mengantisipasi perjokian yang dimungkinkan terjadi dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Oktober hingga November 2018 mendatang.

“Kami sudah mengantisipasi bila ada perjokian dalam cpns nanti,” ujar Sekda DIY, Gatot Saptadi kepada wartawan di Kompleks Kepatihan.

Menurut Gatot, berbagai syarat dalam pendaftaran CPNS kali ini meminimalisir terjadinya perjokian. Mulai dari pendaftaran yang dilakukan secara online lewat portal sccn.bkn.go.id. hingga teknis pendaftaran seperti swafoto wajah dengan Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP.

Baca Juga :  Arti Sepotong Logam Berbentuk Bundar

Pendaftaran dimulai tahap pembuatan akun Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN), tahap cetak kartu pendaftaran, dan tahap verifikasi.
Saat tahap cetak kartu, calon pelamar diharuskan mengunggah foto diri dengan berswafoto sembari memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga kartu SSCN.

“Modifikasi syarat ini untuk menyesuaikan pelamar dengan identitasnya,” tandasnya.

Gatot menambahkan, calon pelamar yang lolos untuk ikut tes CPNS juga menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Sehingga dipastikan mereka bebas dari catatan kriminal, termasuk jadi anggota organisasi terlarang.

“Dioastikan nanti tidak ada katrol atau titipan pns karena semua dilakukan transaparan lewat online,” tandasnya.(yve)