Ini, Cara Ponpes Islamic Center Binbaz Tanamkan Karakter Cinta Tanah Air

317
Ponpes Islamic Center Binbaz

KORANBERNAS.ID–Pondok pesantren menjadi tempat para santri menimba ilmu agama. Selain pendidikan agama dan penguatan karakter, santri juga diajarkan mengenai toleransi dan rasa cinta Tanah Air sebagai bagian dari pengamalan nilai agama.

Seperti yang dilakukan oleh Ponpes Islamic Center Binbaz Piyungan, Bantul  yang mengajarkan nilai-nilai tersebut. Misalnya  menghadapi HUT Kemerdekaan 2018, ratusan santri secara giat mengikuti latihan baris berbaris. Juga rutin mengikuti upacara bersama masyarakat TNI, Polri dan elemen lain.

Ustadz Abu Nida’ Chomsaha Sofwan pengasuh pondok mengatakan ponpes sebagai bagian dari negara ini turut menanamkan rasa nasionalisme hingga pengimplementasian nilai-nilai Pancasila seperti menumbuhkan rasa toleransi pada sesama

“Ini kita ajarkan kepada santri-santri kita,”kata Ustadz Abu Nida  Kamis (16/08/2018).

Baca Juga :  Satu Jamaah Haji Ditinggal di Arab

Karena memang toleransi sendiri sudah ada sejak zaman Rasulullah sehingga pihaknya tidak mempermasalahkan adanya perbedaan dalam hal muammalah misal berdagang yang bisa dilakukan dengan siapa saja.

“Yang tidak boleh itu kalau soal akidah,”tandasnya.

Ditambahkan, Ponpes Binbaz sendiri didirikan sejak tahun 1996 dengan menganut Manhaj Ahlul Sunnah Wal Jamaah. Yakni Manhaj yang tidak mengarah kepaham radikal, namun juga tidak terlalu lunak.

Saat ini ada sekitar 3.000 santri yang menempuh pendidikan di Ponpez ini.

Kanit Keamanan dan Lingkungan Subdit 4 Ditintelkam Polda DIY, Kompol Wiwik Hari Sulasmi SH, bersama Kapolsek Piyungan, Kompol Ispurwanta, menjelaskan selain melatih kedisiplinan

santri melalui latihan baris berbaris, pihaknya sendiri juga menggandeng Ponpes Binbaz untuk turut serta menciptakan kondusifitas dan kantibmas di DIY.

Baca Juga :  STTNAS Yogyakarta Siap Naik Status Jadi Institut

“Tentu kita selalu jaga silaturahmi dan ingin menyatukan seluruh umat beragama di DIY. Termasuk dari kalangan pondok pesantren Binbaz ini,”katanya.

Sehingga semua sama-sama memelihara toleransi dan juga terus mengobarkan jiwa nasionalisme di kalangan santri. (SM)