Ini Dia Cara Gunungkidul Atasi Kekeringan

354
Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM, Andiani, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi di Desa Ngleri, Kecamatan Playen, Rabu (23/8/2017). (st aryono/koranbernas.id

KORANBERNAS. ID — Badan Geologi Kementerian ESDM melakukan pembangunan ratusan sumur bur air tanah untuk mengatasi dampak kekeringan melanda berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini menyusul banyaknya masyarakat di daerah terdampak keleringan yang masih kesulitan mengakses air bersih.

Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM, Andiani, saat peresmian sumur bur air tanah di Desa Ngleri, Kecamatan Playen, Rabu (23/8/2017) mengatakan, tahun 2017 ini sebanyak 197 sumur bur air tanah dibangun di berbagai daerah yang mengalami kesulitan air bersih. Program yang berjalan dari tahun 2000 hingga 2016 sudah sebanyak 1.545 sumur bur yang dapat mencukupi kebutuhan masyarakat 4,4 juta jiwa di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Penjual Air Berburu Sampai Provinsi Tetangga

Ditambahkan, pembangunan sarana dan prasarana ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan air di masyarakat. Kekeringan melanda di berbagai wilayah, termasuk Gunungkidul menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih.

Menurutnya, pada tahun 2017 ini sebanyak 6 sumur bur air tanah yang dibangun di DIY. Sumur bur ini dibangun di Kulonprogo, Sleman, Bantul, Yogyakarta masing-masing 1 unit sumur bur.

Untuk Gunungkidul, yang masih menjadi daerah langganan kekeringan dam kesulitan air. Terdapat 2 buah sumur bur air tanah yang telah selesai dibangun tahun 2017 ini, di Desa Ngleri, Kecamatan Playen, di Desa Beji, Kecamatan Ngawen.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi yang hadir dalam acara ini juga mengaku pembangunan sumur bur INI secara langsung dinikmati masyarakat yang saat kemarau, kesulitan mendapatkan air bersih.

Baca Juga :  Contohlah Toleransi Umat Budha dan Kristiani Ini

“Atas nama masyarakat Gunungkidul kami mengucapkan terima kasih pada Badan Geologi Kementerian ESDM yang telah membangun banyak sumur bur di Gunungkidul, termasuk di Desa Ngleri Kecamatan Playen ini,” pungkasnya. (yve)