Ini Dia Kolaborasi Info Cegatan Jogja dengan Lapor Sleman

1062
Audiensi ICJ dengan Hj Sri Muslimatuns, Senin (28/08/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id

KORANBERNAS.ID— Salah satu grup media sosial facebook Info Cegatan Jogja (ICJ) yang sudah banyak dikenal menjembatani permasalahan sosial masyarakat khususnya warga Jogja siap berkolaborasi dengan kabupaten Sleman. Salah satunya melalui aplikasi Lapor Sleman yang dimiliki kabupaten tersebut.

“Member(anggota-red) khususnya di area Sleman dapat langsung mengunduh aplikasi lapor sleman di play store,” ujar Korwil ICJ area Sleman, Surawan disela audiensi dengan Wakil Bupati Sleman, Hj Sri Muslimatuns di Kantor Setda Kabupaten Sleman, Senin (28/08/2017). Audiensi tersebut dilakukan terkait persiapan HUT ICJ ke-4 pada bulan September mendatang dan sharing pemanfaatan grup ICJ sebagai update informasi membernya.

Menurut Surawan, pengunduhan aplikasi itu bertujuan agar info seperti jalan rusak, permasalahan sosial, kesehatan dan lainnya dapat segera diteruskan ke dinas terkait yang membidangi untuk dilakukan penanganan.

Baca Juga :  SMPN 4 Pakem Sabet Empat Juara LKIR Sleman 2018

“Sangat bisa dilakukan kolaborasi. Mungkin bisa ngobrol lebih lanjut karena aplikasi Lapor Sleman belum banyak yang tahu,” kata Surawan.

Surawan menjelaskan, ICJ merupakan ajang bagi warga Jogja dan tidak menutup kemungkinan warga luar Jogja untuk membagikan info tentang kecelakaan, operasi polisi (cegatan), orang hilang, barang ditemukan atau hilang, dan permasalahan sosial lainnya termasuk perlu bantuan atau jasa menawarkan bantuan seperti kendaraan mogok, kehabisan bensin maupun ban bocor.

Menurutnya para member komunitas yang mempunyai tagline ‘Salam Aspal Gronjal (SAG)’ tersebut mulanya hanya mengupdate postingan seputar info cegatan di Jogja. Namun seiring berjalannya waktu dengan total member melebihi 600 ribu, kini update info yang tiap menit bahkan detik dilakukan member ICJ sangat beragam.

Baca Juga :  Pejabat Kabupaten Tabalong Ikut Belajar Membatik di Sekar Jatimas

Sementara Sri Muslimatun menyampaikan laporan atau aduan warga yang dikirim melalui Lapor Sleman akan diteruskan pada admin dinas. Masing-masing dinas mempunyai admin pengelola Lapor Sleman, setiap Selasa.

“Kami evaluasi dinas mana yang tidak segera merespon aduan yang masuk, ada raportnya. Hal ini bertujuan agar aduan yang masuk seperti jalan berlubang beberapa waktu lalu segera dapat ditangani,” kata Sri Muslimatun. (yve)