Ini Kesan Perawat Satwa Asal Inggris Soal GL Zoo

287
Perawat satwa asal Inggris berkunjung ke GL Zoo Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sejumlah perawat satwa asal Inggris yaitu John Abernethy, Charlotte Daly dan Hannah Brooks, mengunjungi Gembira Loka Zoo (GL Zoo), Jumat (06/10/2017). Didampingi Ligaya ITA Tumbelaka dan Yonathan, selain memberikan masukan mereka juga menyatakan kebun binatang Yogyakarta ini ke depan akan mengalami kemajuan.

Kehadiran mereka ke Indonesia dalam rangka memberikan materi  pelatihan bagi para karyawan kebun binatang anggota Perhimpunan Kebun Binatang Se-IndonEsia (PKBSI) di Taman Safari Prigen Jatim, 8-10 Oktober 2017.

Selama  di GL Zoo, mereka didampingi Manajer Administrasi, Suharti serta Manajer Marketing & Pengembangan GL Zoo, Agnes Armi.

Dr drh Ligaya menjelaskan, pelatihan zoo educators diikuti sekitar 30 peserta dari 20 lembaga konservasi (LK) anggota PKBSI.  Sedangkan materi pelatihan meliputi penanganan empat jenis hewan yakni babi hutan, rusa, harimau Sumatra dan banteng.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas Sebagai Momen Muhasabah

“Sebelum pelatihan, para instruktur dari Inggris ini kami ajak mengunjungi sejumlah kebun binatang di Indonesia,” kata Ligaya di sela-sela mendampingi tamunya di GL Zoo.

Sebelumnya pula, para instruktur dari luar negeri itu sempat berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. “Karena waktu terbatas, kami sudah harus ke Taman Safari II Prigen,” jelas  Kepala Bidang Pelatihan dan Penelitian PKBSI ini.

Ligaya menilai pentingnya  pendidikan konservasi sehingga pesan konservasi bisa tersampaikan ke pengunjung kebun binatang.

Selain melihat  kondisi kandang dan koleksi satwa di GL Zoo, mereka juga menyaksikan pentas satwa terampil yang digelar gratis bagi pengunjung.

“Bagi saya, dari tahun ke tahun pengelolaan kebun binatang di Yogyakarta ini banyak kemajuan. Penampilan satwa terampil  juga lebih bagus,” kesan Ligaya. (sol)

Baca Juga :  Ingat, Jasa Pramuwisata pun Butuh Lisensi