Batas Minimum Keanggotaan Parpol Tak Terpenuhi, Ini Penyebabnya

222
Ketua KPU Bantul M Johan Komara (kanan) menyerahkan hasil  penelitian administrasi parpol peserta Pemilu 2019 di Hotel Ros In, Kamis (16/11/2017). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Sebanyak lima Partai Politik (Parpol)  telah memenuhi batas minimum keanggotaan berdasarkan hasil penelitian administrasi pada parpol Peserta pemilu 2019 yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul di Hotel Ros In, Kamis (16/11/2017).

Lima Parpol tersebut adalah PPP, PKS, Golkar, PAN dan Gerindra. Sedangkan sembilan parpol yang telah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Bantul belum memenuhi batas minimum keanggotaan dalam lampiran  berkas yang disertakan.

Ketua KPU Bantul, M Johan Komara, mengatakan ada beberapa penyebab yang membuat batas minimum keanggotaan itu tidak terpenuhi.

Di antaranya tulisan nama tidak jelas, ganda eksternal, ganda internal hingga ada status pekerjaan PNS, TNI dan Polri yang semestinya tidak boleh menjadi pengurus  Parpol.

“Pada tahapan penelitian administrasi kami telah melakukan klarifikasi di lapangan untuk ganda eksternal, dan juga terkait pekerjaan,” kata Johan.

Hasil yang ada kemudian disampaikan ke semua Parpol dan diharapkan untuk dilakukan perbaikan mulai 18 November hingga 1 Dsember mendatang.

Tahapan selanjutnya, KPU akan menerima penyerahan dokumen bukti kekurangan tadi. “Kami tunggu di jam kerja, kecuali hari terakhir hingga pukul 24:00,” katanya.

Namun demikian Johan berharap agar Parpol menyerahkan jangan di limit waktu terakhir, sehingga jika ada kekurangan bisa dilakukan perbaikan kembali. Mengingat setelah  tanggal 1 Desember sudah tidak ada lagi kesempatan perbaikan berkas.

Sesuai aturan, bukti keanggotaan yang harus diserahkan adalah 1 per 1.000 dari jumlah penduduk. Jika Bantul di kisaran 931.000 jiwa, maka minimal bukti keanggotaan yang diserahkan adalah 931 lembar.

Nur Handoko dari PDIP selaku penghubung partai mengatakan mereka segera melengkapi kekurangan yang ada.

“Kemarin kita serahkan 1.001 data, dan yang tidak memenuhi syarat 89. Jadi kita masih kurang 19 dan kami optimis bisa terpenuhi. ,” katanya.  (sol)