Inilah Pentingnya Catatan Silsilah Hewan

320
Para pencatat silsilah satwa di sela-sela mengikuti pelatihan di GL Zoo Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bagi lembaga konservasi (LK), silsilah atau asal usul keturunan hewan diperlukan sebab berguna untuk analisa serta kontrol pengembangbiakan satwa liar.

“Silsilah hewan sangat diperlukan untuk program pengembangbiakan terkontrol dari satwa liar,” ungkap Dr drh Ligaya ITA Tumbeleka, pemerhati satwa liar, pada acara  pelatihan pencatat silsilah satwa (studbook keeper) di Mayang Tirta kompleks GL Zoo, Senin (14/08/2017).

Pelatihan selama dua hari itu diikuti 19 pencatat silsilah hewan dari 15 lembaga konservasi (LK) di Sumatra, Kalimantan, Jawa Tengah  dan DIY. Tampak hadir Sekretaris PKBSI Latifah Dwi Susilowati SSi, Dirut GL Zoo KMT A Tirtodiprojo dan Direktur GPH Harimurti.

Ligaya yang juga Kabid Pelatihan dan Penelitian PKBSI ini menjelaskan, pelatihan studbook keeper diselenggarakan oleh PKBSI untuk memenuhi amanah P3I Menhut tentang LK. Materi untuk peserta antara lain cara mendapatkan data silsilah satwa. “Kita punya perangkat lunak untuk dimasukkan sebagai data tersebut untuk  dianalisis,” kata Ligaya.

Sekretaris PKBSI, Susilowati, menambahkan pelatihan ini dilaksanakan di masing-masing wilayah dengan waktu berbeda. “Pertama sudah dilaksanakan di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada Juli lalu, kedua di Jawa Barat, dan ketiga di kebun binatang Yogyakarta ini,” jelasnya. (sol)