Investasi Tak Perlu Takut, Asal Tahu Kuncinya

129

KORAN BERNAS.ID — Berinvestasi sebenarnya sangatlah penting dalam hal keuangan, namun banyak orang yang belum menyadarinya. Berinvestasi dapat mendatangkan passive income yang dapat membuat uang bekerja untuk Anda. Walaupun begitu, sebelum memulai investasi Anda perlu mengetahui cara berinvestasi dengan tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda agar mendapatkan keuntungan dari berinvestasi.

Berikut adalah cara berinvestasi yang tepat agar Anda berhasil dalam investasi:

Kenali Produknya

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, kenali terlebih dahulu produk yang akan Anda pilih untuk berinvestasi. Tentukan apakah sudah sesuai dengan investasi yang Anda butuhkan.

Apakah risiko yang ada pada investasi tersebut cukup kecil atau besar. Jangan sampai Anda salah pilih dan akhirnya merugi. Sebab itu, jangan mudah tergiur dengan penawaran yang menjanjikan return berlipat dalam waktu singkat.

Baca Juga :  Telkomsel Berbagi 41.000 Hewan Kurban

Investasi Harus Aktif

Dalam menjalankan investasi Anda harus aktif. Jika Anda mencoba untuk investasi dalam bentuk saham maka Anda harus lebih aktif lagi.

Beli saat harga murah dan jual saat harga tinggi. Belajar untuk mengetahui pasar keuangan yang ada. Anda juga harus aktif membaca kondisi investasi. Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup, maka Anda dapat mencoba investasi yang lebih pasif seperti emas, deposito, atau properti.

Sabar

Hasil investasi baru terasa saat dalam jangka waktu panjang. Banyak orang yang baru terjun dalam investasi mereka melakukannya secara terburu-buru. Padahal jika investasi dalam jangka waktu panjang keuntungan yang didapat lebih besar.

Banyak Belajar

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi Anda harus lebih banyak belajar tentang investasi yang akan Anda pilih. Belajar memahami pasar dan trik dalam berinvestasi. Saat ini banyak seminar dan informasi baik di internet maupun buku-buku yang membahas tentang investasi.

Baca Juga :  Layar OLED Segera Ditanam di Smartphone LG

Investasikan Dana di Banyak Tempat

Saat melakukan investasi jangan menempatkan semua dana Anda hanya dalam satu produk investasi. Pilih beberapa produk investasi yang sesuai dengan yang kamu butuhkan. Hal ini untuk menghindari saat salah satu produk investasi gagal, maka ada produk investasi yang lain. Maka dari itu milikilah lebih dari satu sumber pendapatan.

Investasi memang penting demi masa depan yang lebih baik. Jangan mudah tergoda dengan investasi yang menawarkan pengembalian yang besar. Pilih investasi yang tepat. Semoga bermanfaat. (*/ros)