ISSI Sleman Rencanakan Pembangunan Velodrome

77
Ketua Pengcab ISSI Sleman Joko Setiawan (kiri) menerima Pataka dari Ketua Pengda ISSI DIY, Wawan Hermawan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Cabang Sleman berencana membangun sebuah velodrome di wilayah Sleman Utara. Fasilitas ini dianggap penting sebagai salah satu dukungan untuk mendorong prestasi olahraga sepeda di Sleman dan juga DIY.

Ketua Pengca ISSI Sleman Joko Setiawan mengatakan, velodrome menjadi salah satu program kerja kepengurusan periode 2018-2022.

“Ya kita fous untuk mendorong prestasi balap sepeda. Bibit dan potensi kita ada dan banyak. Sarananya dan pembinaannya harus terus didorong dan ditingkatkan,” kata Joko usai dilantik menjadi Ketua Pengca ISSI Sleman, Kamis (27/09/2018). Pelantikan Joko dan pengurus, dilakukan oleh Ketua Pengda ISSI DIY, Wawan Hermawan, disaksikan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo.

Joko menambahkan,  Joko prestasi olahraga balap sepeda di Sleman selama ini sudah cukup bagus. Program yang dilaksanakan oleh pengurus lama cukup berhasil membawa para atlet berprestasi, terutama di BMX.

Baca Juga :  DIY Melaju ke 8 Besar Sepakbola Pelajar POPNAS XIV 2017

“Kita akan teruskan programnya, dan kita tingkatkan lagi. Kita ingin prestasi di banyak kelas,” lanjut Joko.

Terkait target, pengurus masih menatap Porda yang akan digelar tahun depan di Kodya. Dia berharap atlet-atlet pesepeda dari Sleman dapat meraih hasil maksimal. Untuk itu, pengurus akan bergerak cepat dengan menggandeng seluruh pemangku kepentingan.

“Saya sendiri adalah orang baru. Tapi saya yakin kita semua memiliki visi yang sama untuk mendorong prestasi. Saya tidak akan bisa berbuat banyak tanpa dukungan semua pihak,” kata Joko.

Terkait velodrome, pihaknya kata Joko, sudah melakukan pembicaraan dengan Pengda. Pilihannya jatuh pada wilayah Sleman Utara, yang dinilai lebih cocok dengan suhu yang masih lebih sejuk.

“Kita akan bangun outdoor, sehingga Sleman Utara lebih cocok karena suhu masih lebih sejuk. Ini program besar, jadi saya perkirakan baru akan mulai terlaksana setelah tahun kedua atau ketiga,” ujar Joko.

Baca Juga :  Sarpras Stadion Tridadi Sleman akan Diperbaiki

Sri Purnomo menyambut baik gagasan Pengcab ISSI Sleman untuk meningkatkan sarana atau fasilitas latihan guna mendukung prestasi atlet balap sepeda.

Bupati siap mendukung langkah tersebut, dengan menyiapkan lahan yang sekiranya cocok untuk lokasi dibangunnya velodrome.

Wawan Hermawan menambahkan, fasilitas latihan yang lebih baik, menjadi kebutuhan bagi cabang olahraga balap sepeda di DIY. Pihaknya berharap, dalam event PON di Papua pesepeda dari DIY dapat menunjukkan prestasi yang jauh lebih baik.

“Tidak perlu velodrome indoor karena jauh lebih mahal. Kita bangun yang outdoor dulu. Fasilitas ini, kami pastikan akan sangat bermanfaat untuk mndongkrak prestasi atlet,” katanya. (*/SM)