“Istana Negara” Berdiri Megah di Sumbermulyo

1082
Miniatur ‘istana negara’ berdiri di Jalan Samas, Gandekan, Kaligondang, Desa Sumbermulyo,Kec Bambanglipuro terlihat indah dan menawan seperti dipotret, Jumat (29/92017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Bagi Anda yang hobi selfie, ada spot baru yang sangat menarik untuk didatangi yakni “Istana Negara” di Desa Sumbermulyo, Bantul. Lokasi ini berada di tepi jalan raya Bantul-Samas, tepatnya Dusun Gandekan, Kaligondang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro.

Begitu tiba di gedung tersebut, kita serasa berada di istana negara Jakarta ataupun Gedung Agung Jogja. Karena memang desainnya sangat mirip, warnanya juga putih bersih dengan pilar-pilar besar dan pintu kayu warna coklat.

Gedung senilai Rp 1,2 miliar bantuan dari Saemaul Korea tersebut diresmikan anggota DPD RI, GKR Hemas beberapa hari lalu. Di sekitar gedung terhampar pemandangan alam desa yang hijau dan indah serta udaranya sejuk.

Baca Juga :  Hampir Semua Wilayah Jawa Kekeringan

“Sekarang tinggal finishing saja,”kata Lurah Sumbermulyo, Ani Widayani di kantornya, Jumat (29/09/2017).

Menurut Ani, gedung yang dikelola oleh BUMDes ini, nantinya dapat dimanfaatkan untuk tempat pertemuan. Sehingga masyarakat nantinya juga bisa menggunakan gedung dengan luas 500 meter persegi yang dibangun selama 5 bulan itu untuk pernikahan, rapat, dan kegiatan lain.

Diberi nama Balai Penelitian dan Pengembangan Saemaul Sumbermulyo, gedung ini dibangun atas kerjasama masyarakat Sumbermulyo dengan Semaul Globalisasi Fundation (SGF) Korea melalui Program Pembangunan Desa Percontohan Saemaul.

“SGF Korea mendampingi pemerintah desa Sumbermulyo selama dua tahun yakni September 2015 hingga September 2017 dengan beberapa program. Baik pembangunan fisik ataupun non fisik serta pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :  KID Siap Sidangkan Sengketa Informasi NYIA

Sementara salah satu warga yang menyempatkan foto di depan gedung, Susilo mengatakan kalau tempat tersebut sangat bagus untuk spot foto.

“Gedungnya yang mirip Istana Negara ini bisa jadi obyek wisata, apalagi posisinya juga strategis yakni dipinggir jalan besar. Juga ada fasilitas lain. Saya bayangkan kalau malam hari diterangi lampu sorot, pasti terlihat megah dan menarik,” katanya. (SM)