Jadilah Kartini Zaman Now

96
Ibu-ibu dari  berbagai organisasi wanita dengan khidmat mengikuti resepsi Hari Kartini di Graha  Bhumi Phala Temanggung. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Momentum peringatan Hari Kartini ke-139 tahun 2018 hendaknya menginspirasi perempuan di Kabupaten Temanggung untuk menjadi Kartini-Kartini zaman now. Dengan demikian perempuan bisa berperan aktif di semua lini kehidupan, sejajar dengan kaum pria. Sehingga berkontribusi aktif  dalam pembangunan nasional.

Hal itu dikemukakan Penjabat Sementara Bupati Sudaryanto pada acara resepsi peringatan Hari Kartini ke-139 Kabupaten Temanggung di Graha Bhumi Phala Setda Temanggung, Sabtu (28/04/2018). Hadir dalam acara tersebut pejabat FKPD, pimpinan OPD terkait dan diikuti segenap ibu-ibu yang tegabung dalam wadah Gabungan Organisasi Wanita.

Resepsi ditandai dengan pemutaran video riwayat singkat perjuangan Raden Ajeng Kartini  yang diproduksi oleh Bagian Humas Setda Kab Temanggung .

“Pemkab Temanggung dalam program kegiatannya telah berupaya melakukan pemberdayaan perempuan di semua bidang. Seperti pemberantasan buta huruf perempuan dan penurunan angka kematian ibu dan bayi. Selain itu juga melakukan pembinaan kelompok usaha ekonomi perempuan dan peningkatan keterampilan usaha ekonomi perempuan,”  tandasnya.

Baca Juga :  Petani Kopi Masih Terkendala Alat dan Fasilitas

Menurut Bupati, berbagai program tersebut semata-mata sebagai upaya untuk mendorong agar perempuan di Temanggung menjadi Kartini-Kartini zaman now yang mampu berkiprah secara aktif dalam berbagai kegiatan.

Dengan demikian bisa meneladani ajaran Ibu Kartini menjadi perempuan berkualitas, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tampil di garda depan sejajar dengan kaum laki-laki.

Diutarakan kaum wanita bisa berperan aktif untuk mengisi kemerdekaan ini. Dengan berbagai macam profesi yang saat ini bisa dijabat oleh wanita. Mulai jadi menteri, anggota dewan, polisi, tentara, dokter dan lain sebagainya.

Itu semua menunjukan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi kesenjangan antara laki – laki dan perempuan.  Dengan terus belajar, perempuan bisa berkarya dan menjadi wanita yang tangguh seperti RA Kartini.

Baca Juga :  Cuaca Masih “Ganggu” Produktivitas Durian Temanggung

“Peringatan Hari Kartini diharapkan tidak sekadar menjadi rutinitas seremonial, namun hendaknya menjadi inspirasi pelaksanaan program kegiatan yang terkait dengan peningkatan kualitas hidup perempuan di Kabupaten Temanggung ,” harap dia seraya menambahkan bahwa upaya meningkatkan kualitas hidup perempuan menjadi tugas bersama melalui program kegiatan yang ada di dinas instansi, organisasai masyarakat, LSM dan masyarakat seluruhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini ke-139 kabupaten Temanggung  Ny. Woro Andijani mengatakan, menyambut Hari Kartini telah diadakan bhakti sosial berupa  pemeriksaan IVA Test  dan pelayanan KB gratis.

Sedang puncak acara dilakukan resepsi di Graha Bhumi Phala diikuti ibu-ibu dari berbagai organisasi wanita. (SM)