Jaga Keutuhan Bangsa, Pers Punya Peran Strategis

158

KORANBERNAS.ID – Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, menyatakan di tengah ancaman aksi terorisme, intoleransi serta berbagai aksi kekerasan, pers berperan strategis menjaga keutuhan negara dan bangsa Indonesia.

Sebagai pilar keempat demokrasi, pers mampu memainkan perannya melindungi bangsa ini. “Ancaman lain yang juga tidak kalah seriusnya adalah hoax, hate speech, ujaran atau ajakan kebencian dan permusuhan yang dilakukan pihak tertentu melalui teknologi informasi atau sosmed,” ungkap Eko Suwanto,  Ketua Komisi A DPRD DIY.

Berbicara di forum diskusi bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Yogyakarta pada acara peringatan Hari Pers  Nasional (HPN) 2018 di  Gedung PWI Yogyakarta, Sabtu, (24/02/2018) malam, anggota Fraksi PDI Perjuangan dapil Kota Yogyakarta ini mengatakan keadaan ini harus disikapi dengan tegas dan cepat.

“Pers bisa melakukan edukasi bersama netizen untuk manfaatkan teknologi informasi secara baik,” kata Eko Suwanto.

Politisi muda yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY itu lebih lanjut menyampaikan, pers merupakan pendekar pemersatu bangsa, sekaligus penjaga Pancasila.

Menurut dia, pers juga memiliki peran strategis melakukan pendidikan Pancasila, pendidikan nation and charakter building maupun pendidikan budi pekerti bagi masyarakat agar terbentuk mental yang kuat dalam menjaga NKRI berdasarkan Pancasila.

“Kita menilai pers memiliki peran penting dalam membangkitkan inti sari Pancasila yaitu gotong royong di tengah-tengah masyarakat, termasuk bagi para pemimpin dan tokoh,” kata dia.

Kritik pers untuk para pemimpin bangsa baik tingkat nasional maupun tingkat daerah, perlu selalu berpedoman pada Pancasila.

Secara khusus,  kepada insan pers di Indonesia, Eko Suwanto menyampaikan ucapan selamat hari pers nasional. “DPRD berharap di masa kini dan akan datang dapat bekerja sama dengan Pers untuk berjuang menjaga NKRI yang sejahtera berdasarkan Pancasila,” tandasnya.

Pendidikan Pancasila bagi masyarakat bisa disebarkan lewat media massa dengan fokus penanaman nilai kebangsaan dan persatuan.  Pers memiliki peran strategis sebagai pilar pendidikan untuk mendorong kebijakan publik bagi kesejahteraan rakyat. (sol)