Jakabaring, dari Rawa Jadi Fasor Kelas Dunia

509
foto: footballtripper.com

KORANBERNAS.ID – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat serius menyambut perhelatan Asian Games XVIII, Agustus mendatang. Sejumlah fasilitas olahraga (Fasor) kelas dunia disiapkan di kawasan Jakabaring. Tidak hanya venue untuk 42 cabang olahraga, namun juga disiapkan wisma atlet bertaraf hotel bintang tiga yang mampu menampung ribuan atlet.

“Salah satu syarat sebagai penyelenggara Asian Games adalah memiliki fasilitas olahraga yang terintegrasi agar atlet tidak mengalami kendala untuk berprestasi. Sumsel sangat siap menyelenggarakan Asian Games, baik dari sisi venue maupun masyarakatnya,” tandas Dr Inanda Karina Astari Fatma, SSi MSi, Kepala Dinas Kominfo Sumsel, saat menerima kunjungan wartawan unit Kepatihan DIY, Selasa (8/5/2018).

Inanda menyatakan, Jakabaring dulunya adalah kawasan rawa-rawa yang kini “disulap” menjadi kompleks olahraga terintegrasi yang kemudian disebut sebagai Jakabaring Sport City (JSC). Pada awalnya, di lokasi ini hanya ada beberapa fasilitas olahraga seluas puluhan hektar. Salah satunya adalah stadion sepakbola Jakabaring. Kini, kawasan olahraga terintegrasi itu berkembang menjadi ratusan hektar.

Baca Juga :  PMKRI Bangun Bangsa dengan Semangat Pancasila

Pada pelaksanaan Asian Games nanti, ada 13 cabang olahraga yang digelar di JSC ini. Menurut Inanda, fasilitas olahraga yang berada di kawasan Jakabaring ini berkelas dunia. Ia mencontohkan venue bowling, dayung dan menembak yang dikatakan sebagai terbaik di dunia saat ini.

Selain venue bowling, dayung dan menembak, Inanda juga menyebut venue cabang olahraga aquatics juga tergolong sangat istimewa. Salah satunya adalah panjang lintasan bisa diatur sesuai kebutuhan. Menurut Inanda, fasilitas semacam ini belum ada di Indonesia.

Menjawab pertanyaan Koranbernas.id tentang kurangnya greget Asian Games, Inanda menyatakan bahwa sosialisasi Asian Games sudah dilakukan sampai ke pelosok. “Bapak Gubernur bahkan sudah gerilya ke seluruh kabupaten kota untuk mensosialisasikan Asian Games ini. Untuk tingkat nasional, gema Asian Games mungkin kurang, namun di Sumsel tidak demikian,” kata Inanda.

Baca Juga :  Jembatan Itu Segera Terwujud

Menurut Inanda, sosialisasi Asian Games yang dilakukan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, sebenarnya atas permintaan Gubernur Sumsel, Alex Nurdin. Tujuannya adalah agar “demam Asian Games” segera menjalar ke seluruh masyarakat Indonesia.

Selain penyelenggaraan Asian Games, Pemprov Sumsel juga sedang membidik gelaran MotoGP. Lintasan untuk perhelatan MotoGP ini juga sedang disiapkan di kawasan JSC. “Doakan saja mudah-mudahan Palembang nantinya berhasil menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan MotoGP sehingga warga Indonesia tidak perlu lagi pergi ke Malaysia untuk nonton MotoGP,” kata Inanda.(eru)