Jalan Penghubung Dua Kecamatan Terancam Putus

118
Ruas jalan kabupaten yang rawan longsor. (Nanang WH/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan  Alian dan   Kecamatan Karangsambung, Kebumen  terancam putus. Hal ini, lantaran ruas jalan tersebut mengalami longsor di sebagian penggal. Setidaknya ada 2 tempat yang mengalami longsor di bagian badan jalan.

Jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Krakal, Kecamatan Alian dan Desa Kalligending, Kecamatan Karangsambung,  menjadi jalan utama truk pengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kaligending. Juga menjadi jalur truk pengangkut pasir dan bahan  galian golongan C dari Sungai Luk Ulo ke beberapa desa di Kecamatan Alian.

Pengamatan koranbernas.id, Kamis (08/03/2018) jalan longsor terlihat di Dukuh Kalikudu dan Dukuh Kunir, Desa  Kaligending. Jalan  kabupaten yang lebarnya  kurang dari 4 meter, sebagian sudah terlihat longsor dan sebagian lainnya retak, karena gerakan tanah. Jika terus menerus diguyur hujan lebat dan dilewati truk dengan tonase melebih kelas jalan, dikhawatirkan longsoran badan semakin cepat.

Baca Juga :  Warga Miskin Kebanjiran Bantuan Sosial

Jalan kabupaten  ini memperpendek jarak tempuh 2 kecamatan ini, menuju dan ke desa di sekitarnya.  Jika jalan  ini putus,  pengguna mobil harus melingkar melewati Kota Kebumen sejauh 20-an km. Saat ini, selain longsor ruas jalan ini juga rusak sedang dan parah di beberapa tempat.

Dikonfirmasi koranbenas.id, Kamis (08/03/2018), Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat, Hanna Widyawati menjelaskan, kemungkinan ada beberapa  penyebab longsor dan kerusakan jalan yang lebih cepat di tempat ini. Selain truk pengangkut pasir atau sampah, kondisi tanah yang labil , juga menjadi persoalan tersendiri untuk pemeliharaan jalan kabupaten.

“Penanganan rigid (beton) merupakan  pilihan  yang kami ambil,“ kata Hanna Widyawati.

Baca Juga :  Dewan Ingatkan, Penerapan E Goverment Harus Serius

Perbaikan jalan ini yang rusak dan longsor, sudah dianggarkan di APBD Kabupaten  Kebumen  tahun anggaran 2018. Alokasi untuk perbaikan ruas jalan di daerah ini mencapai Rp 5 miliar. Untuk saat sekarang, proses lelang pengadaan barang dan jasa sedang dalam proses. (SM)