Jalan Totogan-Karanglo, Selesai Diaspal Langsung Rusak Lagi

145
Ilustrasi (aksipos.com)

KORANBERNAS.ID–Ruas jalan Totogan Kecamatan Ngawen-Karanglo Kecamatan Klaten Selatan yang baru beberapa hari selesai diaspal telah rusak. Untuk itu,Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) meminta pelaksana proyek untuk segera memperbaiki.

“Proyek masih dalam masa pemeliharaan. Surat perintah untuk memperbaiki sudah dikeluarkan dan tinggal menunggu respon dari penyedia jasa,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPU PR Klaten Suryanto, Senin (24/09/2018) siang.

Ruas jalan Totogan-Karanglo dibangun dengan anggaran Rp 4,586 miliar oleh penyedia jasa PT Kartika Jati Sentosa (KJS) Klaten. Proyek tersebut didanai APBD Kabupaten Klaten 2018 selama 120 hari sejak 30 Mei 2018.

Senada dikemukakan perwakilan PT KJS Ir Sunar Nugroho. Saat dikonfirmasi melalui pesan what apps, dia menjawab akan segera memperbaiki karena proyek tersebut masih dalam masa pemeliharaan.

Menurut penuturan warga, ruas jalan Totogan-Karanglo rusak akibat dilalui truk yang mengangkut bahan galian C. Kerusakan di depan Masjid At Taqwa Desa Tanjung itu dikarenakan tidak kuat menahan beban muatan truk yang diduga melebihi ketentuan.

“Kami tidak tahu apakah jalan ini resmi bisa digunakan untuk truk pengangkut bahan galian C. Tapi kenyataannya, setiap hari ada saja truk yang melintas. Akibatnya, jalan yang baru diaspal pasti rusak. Apalagi aspalnya baru digelar,” kata Eko, warga Manjung.

Eko menambahkan jika jalur tersebut bukan jalur resmi galian C maka sudah seharusnya Dinas Perhubungan atau Polres Klaten memberikan tindakan terhadap truk-truk yang melintas. Sebab jika dibiarkan akan menjadikan kondisi jalan semakin rusak parah. (SM)