Jalur Semarang-Solo Macet Total

999

KORANBERNAS.ID – Arus lalu lintas dari arah Semarang-Salatiga-Solo pada H+2 atau Minggu (17/6/2018) macet total. Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat terpaksa melakukan sistem buka tutup dan mengalihkan jalur lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Selain itu, kemacetan yang terjadi pada Jalan Raya Solo-Semarang juga disebabkan sikap pengguna jalan yang memilih menghindari Jalan Tol Salatiga-Bawen dan Jalan Tol fungsional Salatiga-Boyolali yang telah dibuka pada arus mudik kemarin.

Kemacetan lalu lintas Semarang-Solo mulai terjadi di depan Pasar Noborejo Kecamatan Argomulyo Salatiga hingga pertigaan Sruwen Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Kemacetan disebabkan ramainya pengguna jalan dari arah Semarang dan sikap pengguna jalan yang ingin mendahului kendaraan di depannnya.

“Pada ngawur semua, tidak sabaran. Sudah tahu macet malah mendahului kendaraan yang ada di depan. Akibatnya numpuk semua dan macet total,” kata Titin, warga Salatiga yang bermaksud ke Solo.

Jika dalam keadaan normal waktu perjalanan dari Kota Salatiga menuju Ampel Kabupaten Boyolali bisa ditempuh 20 menit maka akibat macet bisa ditempuh lebih dari satu jam.

Tidak hanya pengendara mobil dan bis yang merasakan jenuhnya kemacetan itu. Para pengendara sepeda motorpun ikut merasakan dan harus bersabar menghadapi kemacetan itu.

Kemacetan diperparah karena pada ruas jalan itu terdapat beberapa pasar seperti Pasar Noborejo Argomulyo Salatiga, Pasar Kembangsari, Pasar Klero, Pasar Tengaran dan Pasar Ampel.

Pemandangan berbeda justru terjadi dari arah Solo. Arus lalu lintas tampak lancar. Kemacetan hanya terjadi di jembatan Tengaran tepatnya di depan Puskesmas Tengaran akibat ada sebuah mobil yang mogok.

Sedangkan di pertigaan Tingkir tepatnya dekat terminal bis Tingkir Salatiga, petugas kepolisian resort Salatiga menutup jalan yang menuju kota. Selanjutnya seluruh pengguna jalan baik bis, mobil pribadi dan sepeda motor dialihkan melewati Jalan Lingkar Salatiga (JLS). Praktis akibat pengalihan itu arus lalu lintas di sepanjang JLS pun macet total. (yve)