Jalur Wisata Tlogo Muncar danTlogo Nirmolo Dibuka

84

KORANBERNAS.ID–Status Gunung Merapi masih Waspasa (level 2) dan rekomendasi dari BPPTKG menyatakan bahwa Kaliurang masih aman untuk kegiatan wisata. Untuk itu,Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) akan segera membuka kembali obyek wisata Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo yang letaknya berada di kawasan Kaliurang.

Nurpana Sulaksono selaku Kasi Pengelola Taman Nasional (PTN) wilayah satu TNGM mengungkapkan, dalam waktu dekat akan membuka kembali kedua objek wisata tersebut.

Namun untuk tracking menuju ke puncak Plawangan, Pronojiwo, dan Turgo yang melewati kedua objek wisata tersebut masih tertutup.

“Wilayah Sleman tidak ada pendakian. Namun ada jalur tracking menuju puncak Pronojiwo, Plawangan dan Turgo. Ada beberapa jalur. Itu yang nanti akan kita tutup juga. Sedangkan lokasi wisata di bawahnya akan tetap kita buka,” kata Nurpana, Rabu (06/06/2018).

Baca Juga :  Ambil Hikmah dari Lakon Wahyu Cakraningrat

Terkait jalur tracking, Nurpana mengungkapkan hanya merupakan jalan setapak, antara 1-2 meter. Hal tersebut yang nantinya akan mempersulit evakuasi apabila terjadi musibah.

“Untuk monitoring cukup susah. Juga rawan longsor. Apabila terjadi getaran akibat aktivitas Merapi, bisa saja memicu terjadinya longsor dan membahayakan pengunjung,” ungkapnya.

Saat ini TNGM masih dalam tahap persiapan dan pembekalan terhadap karyawannya.

“Kita masih dalam tahap pembekalan petugas lapangan, karyawan, dan penjaga. Target kita adalah zero accident. Nantinya, petugas akan bisa memberikan informasi dan pembekalan terhadap pengunjung untuk tetap tenang, waspada, dan yang sebagainya,” terangnya. (SM)