Jamaah Masjid Mataram Kurban Delapan Sapi

164
Tukang jagal memotong daging sapi kurban di Pakel Baru, Jumat (1/9/2017). (arie giyarto/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Jamaah Masjid Mataram, Pakel Baru Kelurahan Sotosutan Yogyakarta pada Idul Adha tahun ini berhasil mengumpulkan delapan ekor sapi dan tiga ekor kambing kurban. Dari jumlah itu hanya enam sapi dan kambing yang Sabtu (1/9/2017) disembelih di komplek Masjid Mataram usai salat Idul Adha di lapangan Sidokabul yang bersebelahan dengan Masjid Mataram.

Dua ekor sapi lainnya dikirimkan ke Kabupaten Gunungkidul. Masing-masing satu ekor ke Gringsing Kecamatan Tepus serta ke Jrakah, Kecamatan Tanjungsari.

Penyembelihan keenam sapi Jumat (1/9/2017) dilakukan tim jagal dari Dusun Kepek Bantul. Kemudian dagingnya dikemas oleh ibu-ibu jamaah masjid dan dibagikan kepada warga dengan sistem kupon. Sebelum pukul 16.00 para jagal telah menyelesaikan pekerjaannya.

Baca Juga :  RS Siloam Sediakan Konter Khusus untuk Peserta Mandiri Inhealth

Sebelum penyembelihan hewan kurban, umat muslim muslimat melakukan salat Id di lapangnn SID. Bertindak sebagai imam san khatib Drs H Bakrim Ma`as.

Fandi, salah seorang panitia Idul Adha Masjid Mataram kepada koranbernas.id menjelaskan, rencananya Rabu (2/9/2017) pagi takmir Masjid Mataram akan menyerahkan sapi kurban ke lokasi, sekaligus menyaksikan penyembelihannya.

Pengiriman sapi kurban tersebut dilakukan rutin setiap Idul Adha, dengan lokasi penerima berganti-ganti. Karena untuk warga sekitar Masjid Mataram sudah dirasa cukup, sedang daerah lain jauh lebih membutuhkan.(yve)