Jangan Lupakan Sejarah, Ayo Nonbar Film G 30 S

206

KORANBERNAS.ID — Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734/Kota Jogja Mayor (Inf) M Munasik mengatakan masyarakat jangan pernah melupakan perjalanan sejarah bangsa ini. Termasuk cerita kelam pemberontakan G 30 S/PKI  yang terjadi di Indonesia.

Maka untuk mengingatkan kembali peristiwa memilukan tersebut, jajaran Kodim 0734/Kota Jogja akan menggelar nonton bareng (nonbar) film tersebut Sabtu (30/9/2017) pukul 19.30 WIB di 14 koramil dan kecamatan se Kota Jogja.

“Ayo kita  tonton bersama. Silahkan untuk bisa menyaksikan ke koramil atau kecamatan terdekat,”kata Munasik kepada koranbernas.id, Selasa (19/9/2017) di kantornya.

Diharapkan dengan melihat film itulah diharapkan ada nilai-nilai pembelajaran, paham komunis terlarang dan tidak boleh tumbuh serta berkembang di negara berdasarkan Pancasila ini.

“Kegiatan nonbar ini merupakan perintah dari Panglima TNI,”kata Kasdim. Ternyata hal tesebut juga mendapat respon dari masyarakat yang juga kemudian berinisiatif untuk menggelar acara serupa.

Menurut Wikipedia film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI  atau popular disebut Pengkhianatan G 30 S PKI  adalah Film ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, diproduseri oleh G. Dwipayana dan diproduksi tahun 1984.

Film ini  dibintangi Amoroso KatamsiUmar Kayam, dan Syubah Asa. Diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp. 800 juta kala itu, film ini disponsori oleh pemerintahan Orde Baru Soeharto. (ros)