Jangan Sepelekan Gangguan Alergi

138
Round Table Discussion bertajuk “Allergy Update” yang diikuti para klinisi sebagai pengguna pemeriksaan laboratorium, Sabtu (12/05/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID –Alergi mungkin jadi salah satu gangguan kesehatan yang tidak menjadi perhatian. Padahal angka alergi cukup tinggi pada saat ini.

“Angka kejadian alergi cukup tinggi, dengan manifestasi keluhan yang beragam, yang dapat dialami oleh semua usia, mulai dari bayi hingga orang tua, tetapi lebih sering pada anak-anak,”  dr Sumadiono, SpA(K) dalam Round Table Discussion bertajuk “Allergy Update” yang diikuti para klinisi sebagai pengguna pemeriksaan laboratorium, Sabtu (12/05/2018).

Karenanya pemeriksaan laboratorium mempermudah klinisi dalam menentukan penyebab terjadinya alergi sangat penting.

“Melalui pemeriksaan tersebut,  penyebab alergi bisa berbagai macam dan sulit ditentukan secara pasti,” ujarnya.

Sementara Gianni Yosephine, Product Specialist dari Prodia mengungkapkan, saat ni tersedia pemeriksaan yang mudah dilakukan, hanya dengan pengambilan darah untuk bisa mendeteksi alergen penyebab alergi.

“Saat ini sudah tersedia pemeriksaan IgE Atopy Panel Indonesia yang dapat mendeteksi 54 alergen sekaligus, dan IgE Atopy panel Pediatrik yang dapat mendeteksi 27 alergen sekaligus,” paparnya.

Dengan teknologi pemeriksaan laboratorium yang makin berkembang, pemeriksaan tersebut dapat memberikan kemudahan untuk pengambilan sampel untuk tujuan deteksi alergi ini.

“Layanan ini melengkapi layanan online lain yang sudah ada, seperti layanan akses hasil secara online sehingga pasien tidak perlu bolak-balik kembali ke laboratorium untuk mengambil hasil pemeriksaannya,” jelasnya.

Beppy Hamuaty sebagai Regional Marketing Manager Prodia, Jateng – DIY menambahkan, Prodia juga melengkapi dengan layanan E-registration and E-payment. Sehingga mempermudah masyarakat untuk mendaftar secara online saat akan melakukan pemeriksaan dalam kesempatan yang sama.

“Kehadiran layanan dan fasilitas yang dimiliki dan dikembangkan dapat menginspirasi dan memberikan pengaruhi positif bagi dunia kesehatan mulai saat ini hingga pada masa yang akan datang,” tandasnya.(yve)