Japerpa Siap Mengaspal ke Pangandaran

336
Kegiatan touring Japerpa tahun lalu. Bulan ini mereka siap mengaspal ke Pangandaran Jabar. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Tidak kurang 75 orang anggota komunitas Japerpa (Jaringan Pedagang & Perantara Motor-Mobil) DIY siap mengaspal ke Pangandaran Jawa Barat (Jabar). Melalui kegiatan touring pada 18-20 Agustus 2017 sekaligus untuk memperingati HUT ke-72 RI, mereka tidak keberatan membawa semacam misi promosi pariwisata Yogyakarta.

Ketua Umum Japerpa DIY, R Artiyadi, kepada wartawan Jumat (11/08/2017) di Kotagede mengakui bagaimana pun sektor pariwisata ibarat tulang punggung perekonomian DIY. Apalagi saat ini banyak bermunculan destinasi wisata baru, termasuk di Gunungkidul.

Untuk itu, pihaknya tergugah dan merasa peduli ikut mempromosikan potensi pariwisata DIY. “Destinasi wisata baru itu kita coba sosialisasikan ke daerah lain, itu sudah bagian dari pemasaran pariwisata,” ungkapnya.

Hampir setiap tahun, komunitas yang memiliki total anggota lebih dari 100 orang ini rutin mengadakan touring. Dengan kuda besi berbagai merk, pada 2014 mereka menjelajah pulau Bali. Pada 2016 dipilihlah Kota Malang Jawa Timur.

Bagi Japerpa sendiri, manfaat touring selain untuk refreshing juga menguatkan gotong royong, kebersamaan dan  kerukunan antaranggota. “Untuk memudahkan koordinasi, jumlah peserta memang kami batasi,” kata R Artiyadi. Peserta berangkat dari Kantor Japerpa DIY di Pasar Tunjungsari Pakel Yogyakarta.

Adapun Koordinator Pengawalan dipercayakan kepada Drs Supri Prabono dari Bon Mulyo Motor bersama H Ayim. Koordinator Perizinan H Wawan dari Soto Miroso,  Koordinator Penjaring H Sugiharto, sedangkan publikasi Suyar dan R Sigit Bud Harjo.

Sependapat, Ketua Panitia Touring, Karsono yang oleh rekan-rekannya akrab disapa Ninek maupun Sekretaris SP Loko Bowo SH (Tanggem Motor) mengakui, touring adalah olahraga yang bisa menjadi sarana silaturahim dan forum bertukar informasi. Secara khusus, panitia mengapresiasi dukungan dari Mandiri Finance serta Gandu Motor Jalan Wonosari Yogyakarta. (sol)