Jaringan Internet Desa Rambah Temanggung

529
Petugas Dikonminfo sedang memasang alat internet di Desa Gemawang, Kecamatan Tembarak. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Pemerintah Daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung memasang jaringan internet untuk kantor desa-desa di seluruh Kabupaten Temanggung.

Kasi Infrastruktur Jaringan Teknologi Informasi Dinkominfo Temanggung, Hasan Darajat Pangudi Ketika ditemui, Rabu (18/10/2017) mengatakan, dalam program ini pemkab melalui Dinkominfo mengeluarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 sebesar Rp 550.000.000, dengan total kecepatan 135 Mbps yang dibagi 56 desa dan kelurahan ditambah kantor-kantor dinas untuk program akses internet masuk desa.

Diungkapkan, internet sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Hampir semua kalangan telah memanfaatkan teknologi ini, bukan hanya di lingkup kantor kabupaten dan kecamatan, tetapi juga sudah merambah ke kantor desa yang ada di Kabupaten Temanggung yang notabene banyak berlokasi di desa-desa yang sangat sulit untuk mendapatkan jaringan internet.

“Karena ujung tombaknya di desa, dengan kehadiran jaringan internet yang memadahi di kantor-kantor desa ini dimaksudkan bisa memaksimalkan aplikasi yang bersifat internal dari pemerintah daerah seperti, keuangan desa,  validasi data penduduk, dan lain sebagainya,” ungkapnya.(SM)