Jelang Natal, Beras dan Telur “Berulah”

209
Pedagang beras di Pasar Gabus Jatinom. Sudah beberapa hari ini harga beras naik antara Rp 10.500 hingga Rp 11.500/kilogram dari sebelumnya Rp 9 ribu/kilogram. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID–Harga sejumlah kebutuhan pokok khususnya beras dan telur ayam terus melambung menjelang Natal. Para pedagang di sejumlah pasar tradisional terpaksa menyesuaikan harga agar tidak rugi.

Seperti di Pasar Totogan Kecamatan Ngawen dan Pasar Gabus Jatinom misalnya. Di dua pasar tersebut harga beras jenis IR 64 dan C4 dijual dengan harga antara Rp 10.500 dan Rp 11.000/kilogram.

“Sekarang saya menjual Rp 10.500 per kilogram. Sedangkan telur ayam Rp 24 ribu per kilogram,” kata Siti, pedagan beras dan kelontong di Pasar Totogan Kecamatan Ngawen, Rabu (13/12/2017).

Siti menjelaskan kenaikan harga beras dan telur ayam itu sudah terjadi oada Minggu lalu. Padahal sekitar dua minggu lalu harga beras masih Rp 9 ribu/kilogram dan telur ayam Rp 22 ribu/kilogram

Baca Juga :  Penyegelan Tower Selular Ditanggapi Dingin Warga

Senada disampaikan Sukardi, pedagang beras di Pasar Gabus Jatinom. Sudah tiga hari ini dia menjual beras dengan harga Rp 11 ribu/kilogram. Menurut warga Desa Puluhan Jatinom itu, naiknya harga beras karena harga dari petani dan di selepan (penggilingan padi) juga sudah tinggi.

 

“Saya beli di selepan saja sudah mahal. Katanya tidak ada panenan. Dan lagi cuaca hujan terus,” ujarnya.

Sukardi juga menambahkan selain tidak adanya panenan, naiknya harga beras dan kebutuhan pokok lainnya karena menjelang Natal dan Tahun Baru. Nanun biasanya setelah lewat Tahun Baru harga kebutuhan pokok kembali turun.

Jika harga beras dan telur ayam terus naik, tidak demikian halnya dengan minyak goren, bawang putih, bawang merah dan gula pasir yang relatif stabil. Harga gula pasir masih tetap Rp 11 ribu/kilogram, minyak goreng kemasan 1 liter Rp 11.500, bawang merah Rp 18 ribu/kilogram dan bawang putih Rp 22 ribu/kilogram. (SM)

Baca Juga :  Warga Protes Pembangunan Tower Jetis