JIHW Lewati Tiga Candi di Sleman

157
Bupati Sleman, Sri Purnomo melepas peserta Jogja International Heritage Walk (JIHW) Sabtu (18/11/2017) di Prambanan Sleman.(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Jogja International Heritage Walk (JIHW) pada hari Sabtu 18 November di Prambanan dan hari Minggu 19 November di Imogiri. Bupati Sleman, Sri Purnomo, turut melepas peserta JIHW pada garis start di Komplek Candi Prambanan, Sabtu (18/11/2017).

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga hadir pada kesempatan tersebut menuturkan, kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah DIY dalam mengembangkan industri pariwisata di Yogyakarta.

Menurutnya anggota assosiasi pejalan kaki se-dunia sangat besar.

Sultan berharap dengan adanya kegiatan tersebut mampu menjalin hubungan yang baik dengan dunia Internasional.

“Kegiatan ini pertama kalinya memperingati kerjasama Indonesia-Jepang ke-50. Anggota assosiasi pejalan kaki dari Jepang itu besar sekali,” tutur Sultan.

Baca Juga :  Ajudan Bupati Bantul Ditahan ?

Senada dengan hal tersebut, Sri Purnomo berharap kegiatan tersebut dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut Sri Purnomo mengharapkan masyarakat Sleman bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan. “Terlebih acara ini seluruh rutenya ada di Kabupaten Sleman. Jadi peserta bisa melihat potensi yang ada di Kabupaten Sleman,”jelas Sri Purnomo.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, panitia JIHW menyajikan rute baru di wilayah Kabupaten Sleman yang melewati 3  candi untuk kategori jarak rute 20 km, yaitu Candi Kedulan, Candi Sari dan Candi Sambisari.

Tercatat ada 20 negara yang menghadirkan pejalan kakinya untuk meramaikan kegiatan ini. Delegasi pejalan kaki diantaranya dari Jerman, Inggris, Italia, Amerika, Norwegia, Jepang, Belgia, Belanda, Taiwan, Korea Selatan, Lithuania, Australia, Perancis, Swiss, India, Rumania, Afghanistan, Denmark dan Swedia.

Baca Juga :  Ratusan Pejabat Sleman Dimutasi untuk Penyegaran

Kegiatan jalan kaki tersebut dibagi menjadi 3 kategori, yaitu kategori 20 km, 10 km, dan 5 km.(SM)