Joko: Bantuan Desa Wisata Harus Merata

166
Anggota DPRD DIY Joko Purnomo menyerahkan hadiah lomba desa wisata. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Anggota DPRD DIY, Joko Purnomo mengatakan pemberian bantuan kepada sektor wisata termasuk desa wisata diharapkan bisa merata.

Dengan demikian semua desa wisata bisa maju dan berkembang serta memberikan manfaat bagi masyarakat, utamanya dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan.

“Jangan bantuan itu hanya ke situ-situ saja. Tetapi bisa diberikan bergantian. Ini sudah saya sampaikan ke Dinas Pariwisata DIY,” kata Joko saat menjadi pembicara Sarasehan Forum Komunikasi (Forkom) Desa Wisata Kabupaten Bantul sekaligus penyerahan  hadiah Lomba Desa Wisata 2018 di Sendang Ngembel Dusun Beji Wetan Desa Sendangsari Pajangan, Rabu (07/03/2018).

Agar desa wisata itu maju, menurut Joko, pengelolaannya harus dilakukan secara profesional dan melibatkan semua masyarakat.

Baca Juga :  535 Calon Maba Ikut Seleksi Polbangtan Yogyakarta Magelang

Dengan dukungan berbagai pihak, diyakini desa wisata itu akan maju. Jangan sampai pengelolanya hanya satu keluarga. Joko yakin, apabila hanya dikelola oleh satu keluarga nantinya kurang profesional.

Sementara itu Kabid Pengembangan Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul, Antoni Hutagaol, mengatakan lomba desa wisata dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola desa wisata di Bantul.

Juga sebagai sarana evaluasi. Maka ketika  ditemukan hal yang kurang, akan bisa dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas desa wisata yang ada.

“Lomba ini juga sebagai pemacu semangat teman-teman di desa wisata untuk bisa menjadi yang terbaik,” katanya.

Salah seorang pengelola desa wisata, Fahlul alias Ilul dari Desa Wisata Kaki Langit Dlingo mengatakan, pengelolaan dan pengembangan desa wisata harus memperhatikan kekompakan semua anggota Pokdarwis, para pelaku pariwisata dan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Di tangan Anak-anak, Barang Bekas Jadi Karya

“Konflik internal tidak jarang menjadi pemicu tidak berkembangnya sebuah desa wisata. Untuk itulah semua pihak harus kompak,” katanya. (SM)

 

Juara Desa Wisata 2018

  1. Kategori Embrio

Juara 1: Laguna Depok

Juara 2: Kalakijo

Juara 3: Ngringinan

2. Kategori Berkembang

Juara 1: Tapak Tilas Sultan Agung

Juara 2: Lopati

Juara 3: Mangrove Baros

3. Kategori Maju

Juara 1: Karangtengah

Juara 2: Krebet

Juara 3: Kebonagung

Sumber: Dinas Pariwisata Bantul