Jokowi Bersyukur Indonesia Punya Pancasila

154

KORANBERNAS.ID, JOGJA –Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (jokowi) mengungkapkan kebanggaannya memiliki Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia. Apalagi Pancasila bisa menjadi rujukan dunia yang mengajarkan tentang kerukunan dan kedamaian dengan menjaga toleransi yang kuat.

“Pancasila bukan hanya kebanggan kita semua tapi juga buat negara lain dalam menilai dan melihat kita yang selalu hidup rukun. Kita harapkan Pancasila bisa menjadi rujukan dunia di tengah kemajemukan dunia,” ungkap Presiden dalam Kongres Pancasila ke-9 di halaman balairung Universitas Gadjah Mada (UGM, Sabtu (22/07/2017).

Menurut Jokowi, keberhasilan Indonesia dalam menjaga kerukunan serta persatuan dan kesatuan ditengah kemajemukan diapresiasi oleh bangsa lain. Karenanya menurut Presiden, negara berkomitmen memperkuat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyrakat, berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :  Perempuan Gada Terdepan Cegah Terorisme

Presiden mengatakan, di setiap lawatan ke negara lain selalu ditanya resep mengelola kemajemukan yang beragam bangsa Indonesia yang memiliki lebih 17 ribu pulau, 714 suku dan 1100 bahasa daerah. Bangsa lain penasaran bagaimana bangsa ini bisa kebhinekaan   bisa bersatu, bisa rukun, dan bisa damai.

“Jawaban saya sederhana karena Indonesia memiliki Pancasila,” kata Jokowi

Presiden mencontohkan, dalam kunjungan bertemu kepala negara Afganistan, Mohammad Ashraf Ghani, pemimpin negara itu mengaku 44 faksi di negaranya masih berkonflik.

Karenanya Ghani meminta bantuan pemerintah Indonesia untuk berperan serta dalam menjembatani dan memediasi konflik antar kelompok di negara tersebut. Salah satunya dengan mengirim menteri dan ulama untuk berbagi pengalaman menjaga kedamaian Indonesia.

Baca Juga :  Jokowi Kecam Aksi Israel di Masjid Al Aqsa

Rektor UGM, Panut Mulyono, berharap pemerintah terus berkomitmen untuk mendorong dan menumbuhkan semangat Pancasila. Dengan demikian nilai-nilai Pancasila bisa terus hidup dan tumbuh serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sya yakin Indonesia semakin maju dan sejahtera, serta nilai-nlai Pancasila semakin kokoh menjiwai bangsa,” tandasnya.(tugeg sundjojo)