JTTM Angkat Potensi Desa Wisata

220
Pengunjung TWP Purbasari Pancuranmas tengah menikmati aneka ikan dari berbagai negara di Planetarium Toyoshuka di obyek wisata tersebut.(prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kabupaten Purbalingga dan Banyumas menjadi sasaran kegiatan  Jawa Tengah Travel Mart (JTTM) 2018 yang  diselenggarakan 24-26 April 2018.

Kegiatan yang diinisiasi Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Tengah ini, untuk  mempertemukan buyer dan seller pariwisata dari berbagai wilayah di Indonesia.

Ketua DPD ASPPI Jawa Tengah, Robertus Wahyu Wuryanto,  mengemukakan JTTM 2018 akan mengangkat potensi wisata desa wisata, wisata industri dan wisata malam Purbasari Night View.

Kegiatan dengan metode table top ini diharapkan dapat menggenjot pemasaran potensi pariwisata di wilayah Purbalingga dan Banyumas.

“JTTM sudah digelar empat kali. Pertama di Banjarnegara dan Wonosobo untuk mempromosikan Dieng serta Serayu. Lalu di Blora dan Rembang, Purworejo, dan Kebumen. Dan JTTM di Purbalingga-Banyumas untuk kali kelima. Bahkan sudah masuk dalam kalender event Provinsi Jawa Tengah,” katanya di Purbalingga, Selasa (24/4/2018).

Baca Juga :  Lima Aspek Ini Tentukan Kualitas Pemilu

Robertus mengatakan, event tersebut menegaskan posisi asosiasi yang bergerak di bidang pariwisata yang mengedepankan in bound tour, bukan outbound tour.

Pengurus lebih mementingkan membawa wisatawan masuk ke wilayah Jateng daripada membawa ke luar. Selain JTTM, DPD ASPPI Jateng juga menggelar even rutin Bursa Wisata Indonesia (BWI).

Secara terpisah, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Ir Prayitno MSi, kepada koranbernas.id mengatakan, kegiatan JTTM dipusatkan di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Purbalingga.

Kegiatan table top yang mempertemukan buyer dan seller telah dilangsungkan siang hari. Sedangkan malam harinya dikenalkan wisata malam Purbasari Night View.

“Pada Purbasari Night View pengunjung  diajak menyaksikan keindahan ikan di waktu malam hari yang dipenuhi sorotan lampu. Selain itu pengunjung juga diajak menyaksikan film tentang wisata di TWP Purbasari,” ujarnya.

Baca Juga :  Kalau Mengalami Kekerasan, Laporkan!

Direktur TWP Purbasari Pancuranmas, Junjung SE,  menambahkan pada Rabu (25/04/2018), peserta yang berjumlah sekitar 150 orang diajak  melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tanalum Kecamatan Rembang Purbalingga.

Peserta akan menikmati tubing di sekitar curug Karang, dilanjutkan makan siang bersama Bupati Purbalingga,Tasdi.

“Setelah itu, peserta JTTM melakukan kunjungan ke industri knalpot di Lingkungan Industri Kecil (LIK) knalpot di kampung Pesayangan  Purbalingga Lor,” ujar Junjung.  (sol)