Direktur Turnamen Piala Raja VI, Bunawan Bong FM memberikan penjelasan di Amongrogo, Senin (21/8/2017). (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Turnamen Catur International Master and Rating FIDE Tournament Piala Raja VI yang digelar di Amongrogo sejak Minggu (20/8/2017) semakin bersaing. Sejumlah atlet berpeluang untuk merebut piala bergilir dalam pertandingan yang digelar hingga 25 Agustus mendatang tersebut.

Sekitar 400 pecatur turun di tiga kategori dalam turnamen kali ini. Yakni kategori umum (open) putra-putri, kelompok umur (KU) putra-putri dan Internasional Master (IM).

“Sudah lebih dari seratus atlet ikut daftar ulang di kategori open. Namun kami sengaja membatasi jumlah peserta agar tidak membludak,” ungkap Komite Wasit Barnas Bayu Tantular di Amongrogo, Senin (21/8/2017).

Persaingan kian ketat karena juara bertahan, Al Jamiat (DIY) tidak ikut dalam turnamen kali ini. Juara kategori open dalam Piala Raja VI tahun 2015 lalu tersebut menjalani perawatan di rumah sakit saat ini.

“Banyak peluang untuk pecatur lainnya,” ujarnya.

Sementara Direktur Turnamen, Bunawan Bong FM menjelaskan, panitia membuka kategori Master International dengan mengundang enam pecatur. Sebut saja Cerdas Barus/Jatim (GM elo rating 2347), Anjas Novita/Jabar (FM elo rating 2379), Dede Lioe/DKI Jakarta (IM elo rating 2356), Iwan Prihastomo/DIY (MN elo rating 2280), Joni Jurmansyah/DKI Jakarta (MN elo rating 2259) serta Tirto/Kaltim (IM elo rating 2287).

Dua pecatur berpeluang untuk merebut gelar seperti tuan rumah Iwan Prihastomo dan Anjas Novita dari DKI Jakarta. Khusus Iwan berpeluang bisa mendapat gelar Fide Master karena ratingnya hanya terpaut 20 poin dari batas minimal.

“Sedangkan anjas novita yang tinggal mencari tambahan 30 poin untuk mendapat gelar fide master. Iwan butuh 5,5 babak dari 10 babak dan Anjas butuh 7,5 babak,” ungkapnya.(yve)