Jurnal Internasional Eksakta Siap Dirintis, Seperti Apa ?

918
Konferensi Internasional Biology, Medicine and Natural Product di UIN Sunan Kalijaga, Selasa (12/9/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — UIN Sunan Kalijaga menggagas perintisan Jurnal Biology, Medicine and Natural Product Chemistry atau jurnal internasional eksakta. Bekerjasama dengan sejumlah stakeholder, para peneliti dan akademisi mengembangkan hasil riset dan membuat berbagai jurnal di bidang ilmu eksakta untuk bisa masuk ke level internasional.

“Karya riset yang dipresentasikan, setelah disempurnakan akan dimuat dalam Jurnal ini. Selanjutnya akan diperjuangkan untuk bisa segera terindeks Scopus, terindeks DOAJ dan Proceeding,” ungkap Ketua panitia Konferensi Internasional Biology, Medicine and Natural Product Chemistry, Muhammad Ja’far Luthfi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (12/9/2017).

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Sunan Kalijaga tersebut, salah satu upaya kampus dalam rangka mendukung internasionalisasi jurnal eksakta tersebut melalui konferensi kali ini. Lebih dari 220 orang ahli, peneliti, dosen dan mahasiswa baik dari dalam dan luar negeri mempresentasikan sekitar 82 karya riset bidang eksakta dalam dan luar negeri. Forum tersebut dinilai menjadi momen penting untuk merintis Jurnal Biology, Medicine and Natural Product Chemistry menuju ke level internasional.

“Bahkan menjadi satu-satunya Jurnal Internasional Eksakta yang berbahasa Inggris di kampus UIN Sunan Kalijaga,” jelasnya.

Sementara Wakil Rektor II Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, Phil Sahiron mengungkapkan untuk mendukung visi Indonesia 2030 menciptakan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri dan berdaya saing tinggi, UIN Sunan Kalijaga harus bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai harapan Pemerintah dan stakeholder.

“Oleh karena itu perlu didukung tumbuh suburnya karya-karya riset inovatif dan publikasi ilmiah sampai ke tingkat internasional,” tandasnya.

Senior Experten Service, Jerman, Bernd Udo Wiechert dalam paparannya menyampaikan, temuan-temuan riset Biomekanik  mewarnai tren kini dan masa depan. Beberapa aplikasi mekanika Newton dan atau ilmu material dimanfaatkan dalam banyak sistem biologis. Mekanika terapan, seperti mekanika kontinum, analis mekanisme, analis struktural, kinematika dan dinamika berperan penting dalam studi dan pengembangan karya-karya Biomekanika dalam rangka menopang kesejahteraan dan kenyamanan hidup manusia.

“Metode yang diterapkan adalah metode numerik, dengan penelitian berulang-ulang, dari hipotesis, verifikasi, tahap-tahap pemodelan, simulasi komputer, pengukuran eksperimental,” imbuhnya.(yve)