Jurusan Keperawatan Unsoed Terbaik se-Indonesia

1506
Penyerahan Penghargaan dari AIPNI – Keperawatan Unsoed Peringkat Pertama Nasional UKNI. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman (Fikes Unsoed) Purwokerto kini layak dibanggakan.

Dari 400 Perguruan Tinggi pengelola pendidikan profesi Ners yang mengikuti Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) periode September 2017, Jurusan Keperawatan Fikes Unsoed menduduki peringkat pertama se-Indonesia.

“Saya menyampaikan rasa syukur dan bangga pada alumni pendidikan profesi Ners Unsoed  yang telah memberikan prestasi pada jurusan keperawatan,” ungkap Atyanti Isworo M Kep Sp Kep MB, Ketua Program studi  Ners Unsoed, Senin (06/11/2017) di Purwokerto.

Prestasi ini  tidak lepas dari pembinaan dan bimbingan para dosen Jurusan Keperawatan FIKES Unsoed dalam mempersiapkan mahasiswa Ners menghadapi UKNI.

Dia menjelaskan, pada kegiatan Rapat Umum Anggota (RUA) Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) 26-28 Oktober 2017 di Makassar,  diumumkan Jurusan Keperawatan Fikes Unsoed sebagai peringkat pertama nasional UKNI periode September 2017.

Baca Juga :  Gunung Kunir, Spot Terbaik Berburu Sunrise

“Ada 400 perguruan tinggi yang mengelola pendidikan Ners. Dan Unsoed menjadi yang terbaik pada UKNI kali ini,”  ujarnya.

UKNI sendiri merupakan ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi (serkom) yang nantinya menjadi syarat penerbitan STR (Surat Tanda Registrasi) perawat/Ners.

Setiap lulusan Ners yang akan melakukan praktek profesional di rumah sakit, Puskesmas ataupun praktek mandiri wajib memiliki STR.

STR digunakan sebagai syarat penerbitan SIPP (Surat Izin Praktek Perawat) dan setiap Ners yang akan praktek baik di rumah sakit/puskesmas/klinik maupun mandiri wajib memiliki SIPP.

Dekan Fikes Unsoed Dr Warsinah MSi Apt  berharap prestasi ini dapat dipertahankan oleh Fikes Unsoed, bahkan ditingkatkan di masa yang akan datang. (sol)

Baca Juga :  Jogja Fashion Festival Siap Meriahkan Jogja